New Normal

Ekonomi 17 Provinsi Tumbuh, New Normal Diklaim Berhasil

Kementerian Koordinator Perekonomian merilis data soal pertumbuhan ekonomi saat New Normal dilakukan. Hasilnya, terlihat ada aktivitas

Tribunjambi/Ade Setyawati
Ilustrasi: Penarik perahu di Danau Sipin mulai sumringah setelah Pemkot Jambi menerapkan relaksasi ekonomi di tengah pandemi corona. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kementerian Koordinator Perekonomian merilis data soal pertumbuhan ekonomi saat New Normal dilakukan. Hasilnya, terlihat ada aktivitas ekonomi yang naik dibandingkan dengan saat masa Pembatasan Sosial Bersaka Besar (PSBB).

Dalam paparan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam webinar Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD) memperlihatkan daerah yang masih jeblok dan daerah mana yang aktivitas ekonominya sudah tumbuh.

Ambil contoh saja, Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Lampung.

Lalu, Maluku, Maluku Utara, NTT, NTB, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sumatra Utara dan Yogyakarta.

Dari Provinsi itu, ada 17 Provinsi sudah tumbuh ekonominya dan sisanya masih minus. Data ini membandingkan antara 10 Juni 2020 dengan 19 Juni 2020.

Dari data itu terlihat pertumbuhan aktivitas ekonomi untuk per Provinsi dari 10 Juni 2020 versus 19 Juni (week on week) dipegang oleh Kepulauan Riau dengan tumbuh 28%.

Sedangkan di DKI Jakarta tumbuh 21%. Lalu ada Banten yang pertumbuhan aktivitas ekonominya mencapai 17%. Menyusul Gorontalo tumbuh 17%.

Namun, jika dibandingkan month to month atau bulan Juni dibandingkan dengan Mei 2020 pertumbuhan ekonomi di tertinggi ada di Sulawesi Selatan sebesar 31%, lalu ada Papua 29%, kemudian Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat juga tmbuh 28%.

Lalu ada Maluku Utara tumbuh 28%, Sumatra Barat juga tumbuh aktivitas ekonominya hingga 22%. Adapun di Jakarta pertumbuhan ekonomi sekitar 17%, Kemudian disusul oleh Bali dengan 12% dan Kalimantan Selatan 9%.

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: Kebijakan New Normal berhasil, ekonomi di 17 Provinsi kembali naik

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved