Pengepul Beli Rp 1.000 per Kg, Musim Trek Buah Sawit di Muarojambi

Harga jual buah kelapa sawit di tingkat petani di Kabupaten Muarojambi masih di angka Rp 1.000 per kilogram.

Tribunjambi/Hasbi
Pengepul kelapa sawit di Muarojambi 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Harga jual buah kelapa sawit di tingkat petani di Kabupaten Muarojambi masih di angka Rp 1.000 per kilogram.

Satu di antara pengepul kelapa sawit di Desa Senaung Kecamatan Jaluko, Rostiana mengatakan biasanya ia bisa mengepul buah sawit petani di desanya sebanyak satu ton per harinya.

Buah sawit yang mereka dapatkan dibeli melalui para petani sawit yang memiliki pohon yang tidak banyak yang berada di perkarangan rumah petani itu sendiri.

"Kami hanya beli sawit warga yang ada dekat sini lah bang, per kilogram kami beli dengan petani Rp 1.000 per kilogram," jelasnya, Kamis (25/6).

Sementara sawit yang sudah mereka beli akan dijual lagi ke pabrik yang berada di Desa Tunas Baru dengan harga Rp1.300 per kilogram.

Rostiana juga menjelaskan saat ini agak susah mendapatkan sawit dari petani sebanyak 1 ton dalam sehari, dikarenakan sawit saat ini sedang trek.

"Kalau sawit lagi banjir kami beli sama petani di harga Rp 700 per kilogram, sekarang sawit lagi trek makanya agak mahal kami beli dengan petani, karena jumlah buah sawit saat agak sedikit," jelasnya.

Jadi Penopang saat Pandemi

Pandemi Covid-19 ternyata tidak begitu berpengaruh terhadap harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit.
Justru sawitlah yang menopang perekonomian masyarakat di Kabupaten Muarojambi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Perternakan Muarojambi, Zulkarnaen.

Halaman
12
Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved