Jambi Siaga Karhutla

BREAKING NEWS Mitigasi Karhutla Sejak Dini, Danrem 042/Gapu: Kita Sudah Berkoordinasi

Pihak TNI sebagai bagian dari satuan tugas penanganan karhutla berupaya memitigasi sejak dini.

Tribunjambi/Mareza
Komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI M Zulkifli menggelar jumpa pers terkait pencegahan karhutla. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menindaklanjuti adanya potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi, pihak TNI sebagai bagian dari satuan tugas penanganan karhutla berupaya memitigasi sejak dini.

Komandan Korem 042/Garuda Putih, Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jambi untuk memperoleh informasi musim kemarau.

"Dari koordinasi dengan BMKG beberapa waktu lalu, bulan Juli dan Agustus diperkirakan akan menjadi puncak (musim kemarau)," katanya, usai silaturahmi bersama insan pers di Lapangan Makorem 042/ Gapu, Kamis (25/6/2020).

BPBD Klaim Wilayah Bungo Masih Aman dari Karhutla, Ternyata Ini Alasannya

VIDEO Amerika-China Memanas, AS Kerahkan Kekuatan Tempur Angkatan Laut di Asia Pasifik

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jambi, pemerintah di lingkup kabupaten dan kota, serta masyarakat di wilayah berpotensi karhutla untuk pencegahan sejak dini.

Danrem mengimbuhkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polda Jambi untuk membuat asap digital.

"Ini teknologi yang digunakan dan dikembangkan. Kalau ada titik api, kita segera tahu dari satelit. Kita sudah berkoordinasi untuk pendeteksian awal dan penanganannya," ujarnya.

Bukan hanya itu, pihaknya kini juga bisa memantau pergerakan tim dari TNI dalam melaksanakan tugasnya. Kata dia, selama anggota yang bertugas menggunakan ponsel dan ter-detect akan bisa terpantau. Sehingga, diharapkan petugas di lapangan dapat lebih mudah diarahkan untuk mencari titik api dan melakukan pemadaman.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved