PPDB di Kota Jambi Gratis, Kepala Sekolah Bisa Diberhentikan Jika Lakukan 'Pungutan'

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Jambi akan segera dimulai pada Senin, 29 Juni 2020 hingga Jumat, 3 Juli 2020.

kompas.com
PPDB 2020 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Jambi akan segera dimulai pada Senin, 29 Juni 2020 hingga Jumat, 3 Juli 2020. Hal ini d lakukan serentak untuk SD, SMP, dan SMA baik provinsi maupun kabupaten/Kota sesuai dengan kalender pendidikan.

Diketahui bahwa PPDB tersebut gratis dan tidak dipungut biaya, hal itu juga ditegaskan oleh Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi, Pardi, Rabu (24/6).

Dirinya mengatakan hingga saat ini ia belum menerima laporan terkait pungutan uang masuk sekolah, karena sebutnya PPDB sendiri belum dimulai.

"PPDB baru akan dimulai Senin, (29/6/2020) nanti, jadi sekarang kita belum dapat laporan terkait pungutan," sebutnya.

16 Pasien Covid-19 di Kota Jambi Sembuh, Ternyata Ini yang Diberikan Pihak RSUD Abdul Manap

Puluhan Tahun Tak Pernah Selesai, Dishub Jambi Akui Travel Liar Masalah Klasik

Bahaya Narkoba Melebihi Virus Corona, Bupati Merangin Minta Dibentuk BNN Merangin

Sedangkan, jika memang terdapat para kepala sekolah melakukan pungutan kepada siswa untuk mendaftar masuk sekolah, dirinya menegaskan akan melihat jenis pungutan apa yang dilakukan dan menindak lanjutinya.

"Kita akan lihat dulu pungutan apa yang dilakukan para kepala sekolah, jika pengurutannya sudah berat apa dari sisi administrasi dan lain sebagainya, maka akan dilakukan pemberhentian itu tidak masalah," tegasnya.

Pardi juga mengatakan bahwa PPDB itu sebenarnya gratis, namun pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para kepala sekolah agar tidak melakukan pungutan apapun kepada siswanya.

"Kalau masih degil juga, apa boleh buat lah kita lihat dari tingkat kesalahannya," kata dia.

"Akan bisa dilakukan penurunan pangkat, jika sudah parah maka, akan kita lakukan pemberhentian sesuai dengan tingkat kesalahannya nanti," pungkasnya.(Miftahul Jannah)

Penulis: Miftahul Jannah
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved