Pelayanan di Disdukcapil Kota Jambi Sudah Bisa Tatap Muka

Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi akhirnya mulai dilakukan dengan tatap muka

Tribunjambi/Hasbi
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Pelayanan di
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi akhirnya mulai dilakukan dengan tatap muka, setelah beberapa waktu lalu untuk pembuatan KTP, KK, akta kelahiran dan lain sebagainya harus dilakukan secara online.

Kadis Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi mengatakan meski layanan Dukcapil kembali dibuka dengan tatap muka, hal itu hanya dapat dilakukan kepada masyarakat yang datang ke kantor Dukcapil dengan menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang wajib digunakan masyarakat di antaranya, harus memakai masker, dicek suhu tubuh dengan thermogun, mencuci tangan dengan hand sanitizer, serta petugas operator perekaman harus memakai alat pelindung diri (APD).

"Masyarakat dan petugas harus menerapkan protokol kesehatan. Saat perekaman KTP elektronik itu krusial untuk menggunakan protokol kesehatan, karena petugas bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata Mulyadi, Selasa (23/6).

Kemudian soal pembatasan jumlah warga yang ingin melakukan pembuatan KTP, KK, maupun akte, kata dia tergantung kondisi dan situasi saat itu.

"Artinya yang bisa masuk ke ruangan pelayanan yang kita atur jumlahnya, sesuai kursi tunggu yang tersedia, dan sudah diberi tanda batas-batas duduk," ujarnya.

Mulyadi juga menegaskan kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan kepengurusan di kantor Dukcapil Kota Jambi, agar mematuhi protokol kesehatan, dan bagi masyarakat yang tidak melakukan protokol kesehatan maka pelayanan perekaman kepada yang bersangkutan tidak dapat dilakukan.

"Jadi sesuai instruksi Dirjen Dukcapil, jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan tidak akan dilakukan pelayanan perekaman kepada yang bersangkutan," pungkasnya.

Meski sudah bisa tatap muka, pihaknya saat ini tetap membuka layanan online lewat whatsapp. (cmi)

Editor: awang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved