Dispensasi Nikah

Banyak Nikah Secara Dispensasi Tidak Bertahan Lama, Belum Melahirkan sudah Cerai

Dispensasi nikah anak di bawah umur saat ini marak diajukan ke Pengadilan Agama. Dispensasi nikah tersebut dominan diperuntukkan

Tribun Jambi/Hasbi Sabirin
Juru bicara Pengadilan Agama Sengeti Kelas IB, Emaneli 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Dispensasi nikah anak di bawah umur saat ini marak diajukan ke Pengadilan Agama. Dispensasi nikah tersebut dominan diperuntukkan bagi perempuan dan laki-laki yang nikah di bawah umur.

Dispensasi nikah ada pengecualiannya, yaitu apabila terjadi permohonan nikah pada anak di bawah umur karena mendesak.

Juru Bicara Pengadilan Agama Sengeti Kelas IB, Emaneli, mengatakan dispensasi nikah juga tidak ada larangan melakukannya, namun ada terkecualian dan alasan yang mendesak.

"Alasannya seperti kasus antara laki-laki dan perempuan anak di bawah umur melakukan hubungan intim selayaknya suami istri, kemudian hamil, pada perkara ini pihaknya bisa ajukan dispensasi nikah," kata Emaneli, Rabu (24/6).

Ia juga mengatakan untuk batas minimal usia pernikahan perempuan saat ini adalah 19 tahun, sedangkan usia pernikahan untuk laki-laki pada usia 25 tahun.

Batas usia nikah saat ini telah diatur pada undang -undang no 16 tahun 2019 tentang batas usia pernikahan.

Emaneli juga menyampaikan masyarakat yang melakukan nikah secara dispensasi biasanya tidak tahan lama, ada yang baru setahun nikah kemudian datang lagi ke Pengadilan Agama lakukan gugat perceraian.

"Ini yang kita khwatirkan, usia yang masih muda sudah menyandang status janda dan duda, contoh kecil ada masyarakat kita yang sudah nikah secara dispensasi anaknya belum sempat lahir lakinya sudah minggat, dan ada juga istrinya baru saja habis melahirkan lakinya jatuhkan talak ini yang sangat kita sayangkan," tuturnya.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved