Terdakwa Kasus Pidana Perbankan Dituntut Denda Rp 5 Miliar

Nota tuntutan dibacakan oleh jaksa Nirmala Dewi dihadapan majelis hakim yanf diketuai Yandri Roni. Sidang digelar secara daring.

Tribunjambi/Dedy Nurdin
Sidang di Pengadilan Negeri Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tumbi Partindo Pati, terdakwa kasus pidana perbankan dituntut tujuh tahun penjara oleh jaksa penuntut (JPU) Kejati Jambi pada sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jambi, Selasa (23/6/2020).

Nota tuntutan dibacakan oleh jaksa Nirmala Dewi dihadapan majelis hakim yang diketuai Yandri Roni. Sidang digelar secara daring.

Menurut jaksa, terdakwa Tumbi telah terbukti melakukan tindak pidana sebagai mana dalam pasal 49 ayat 2 huruf b UU RI no 10 tahun 1998.

Sambut New Normal, Imigrasi Kerinci Mulai Buka Layanan Pembuatan Paspor

AS Ambil Langkah Awal Karena Geram Lihat Tingkah Militer Xi Jinping, Kirim 3 Kapal Induk ke LCS

Siapa Sebenarnya Cornelis, Syahbandar dan Chumaidi? Ditahan KPK Karena Ikut Andil Kasus Zumi Zola

Tuntutan di sampaikan jaksa setelan beberapa kali persidangan dilalui guna pembuktian dakwaan. Tak hanya itu, jaksa juga menuntut agar terdakwa dikenakan denda senilai Rp 5 miliar subsidair enam bulan kurungan.

"Supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jambi menjatuhkan pidana penjara selama 7 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan," kata jaksa Nirmala Dewi membacakan tuntutan.

Terpisah, Cipta Hendra penasehat hukum terdakwa tuntutan yang diajukan jaksa terlalu tinggi apa lagi kliennya telah mengaku bersalah dan kooperatif selama persidangan.

"Dia sudah mengakui semua, dia kooperatif, belum pernah dihukum. Dan memiliki keluarga," kata Cipta Hendra.

Dalam perkara ini, terdakwa diduga dengan sengaja menghilangkan atau tidak memasukkan atau menyebabkan tidak dilakukannya pencatatan dalam pembukuan atau dalam laporan.

Maupun dalam dokumen atau laporan kegiatan usaha, laporan transaksi atau rekening suatu bank. Perbuatannya merugikan perusahaan ratusan juta rupiah.

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved