Staycation

Galapagos Ternyata Tak Hanya Punya Kura-Kura Raksasa, Tapi Juga Pemandangan yang Bikin Hati Damai

Setiap pulau di Galapagos, Ekuador, menawarkan sesuatu yang unik dalam sejarah geologis dan ekologisnya.

AP Photo
Speed, kura-kura raksasa Galapagos, sudah hidup di kebun binatang San Diego, AS sejak 1933. 

TRIBUNJAMBI.COM - Galapagos biasa dikenal dengan kura-kura raksasanya. 

Ketika berpergian ke suatu tempat baru, tentu kita berharap akan menemukan kedamaian. Galapagos, adalah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkannya. 

"Galapagos adalah tempat favorit saya di planet ini! Saya sangat beruntung bisa mengunjungi pulau-pulau ini lebih dari sekali," tulis Suzanne Kiser di laman nathab.

Selama tur di Kepulauan Galapagos pertamanya, Suzanne terpesona oleh keindahan alam yang menawan, satwa liar yang berlimpah, dan sejarahnya yang kaya.

Galapagos
Galapagos ()

Ramalan Zodiak Keuangan Rabu 24 Juni 2020, Leo sedang Buntu, Gemini Harus Ekstra hati-hati

Baginya, setiap pulau di Galapagos, Ekuador, menawarkan sesuatu yang unik dalam sejarah geologis dan ekologisnya. Kita tidak akan melihat binatang, burung, atau tumbuh-tumbuhan liar tertentu di pulau mana pun.

"Ada beberapa satwa liar Galapagos (seperti anjing laut) yang akan Anda lihat hampir di mana-mana, saya masih kagum pada setiap pertemuan dengannya," ucap Suzanne.

 
Suzzane di Galapagos
 
Suzzane di Galapagos

Di Kepulauan Galapagos, ada tiga ekosistem utama: daratan, pesisir, dan laut. Pada tahun-tahun El Nino, ekosistem menunjukkan perilaku mereka yang khas. Di zona terestrial, yang mendominasi adalah hujan lebat--memiliki efek positif pada hewan dan tanaman di zona ini.

Sebaliknya, di zona laut dan pesisir, air yang tinggi serta hancurnya rumput laut, menyebabkan iguana laut kelaparan dan mereka tidak dapat bereproduksi.

Sepeda Masih Nyicil Hilang Dicuri Orang, Mbah Mblok Menangis tak Bisa Jualan Pecel Keliling Lagi

Organisme di Galapagos semuanya berasal dari organisme yang dibawa oleh arus laut, udara atau burung. Karena jarak antara Galapagos dan daratan, sebuah evolusi yang tak tertandingi telah terjadi.

Lebih jauh lagi, mereka adalah sumber teori evolusi Darwin (1809-1882) dan masih tetap menjadi laboratorium yang menakjubkan bagi para ilmuwan saat ini. Untuk menghormatinya, mereka membangun Stasiun Charles Darwin untuk membiakkan lebih banyak Kura-kura Raksasa. Di pulau ini pula lah, George Lonesome yang terkenal, tinggal sampai dia mati.

Artikel ini telah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul Menemukan Kedamaian di Kepulauan Galapagos, Sumber Teori Darwin

Editor: Jaka Hendra Baittri
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved