Petani di Muarojambi Kekurangan Ratusan Ton Benih Padi, Begini Siasat Pihak Dinas

Memasuki musim tanam persediaan benih padi untuk petani di Kabupaten Muarojambi masih kekurangan hingga ratusan ton.

Tribunjambi/Hasbi
Lahan pertanian di Muarojambi. 

TRIBUNJAMBI.COM,SENGETI-Memasuki musim tanam persediaan benih padi untuk petani di Kabupaten Muarojambi masih kekurangan hingga ratusan ton.

Pasalnya bantuan benih padi dari APBD Kabupaten Muarojambi sebanyak 40 ton, tidak sebanding dengan luas lahan sawah mencapai 9.000 hektare.

Kepala dinas tanaman pangan dan holtikultura Kabupaten Muarojambi M. Havis mengatakan, persediaan benih padi dari APBD daerah sebanyak 40 ton hanya mencukupi sebanyak 1.500 hektare lahan.

"Dengan luas lahan sawah sebanyak 9.000 hektare diperkirakan masih kurang sekitar 280 ton benih padi untuk petani di Kabupaten Muarojambi, tentu ini masih kurang banyak, " jelasnya Rabu (17/6/2020).

BREAKING NEWS Pedagang Pasar di Sarolangun Positif Corona

Tempat Wisata Kembali Dibuka, Pemkot Jambi Batasi Jumlah Pengunjung

VIDEO Dexamethasone Disebut Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19, Begini Penjelasan WHO

Untuk menutupi kekurangan benih padi tersebut bagi petani yang sudah mendapatkan bantuan benih padi pada tahun sebelumnya untuk tahun ini mereka tidak dapat lagi.

Ia juga menyampaikan untuk menutupi kekurangan benih padi dari APBD Kabupaten Muarojambi sebanyak 40 ton pada semua petani kemudian dapat bantuan dari APBN sebanyak 60 ton.

"Jadi benih padi yang ada sekarang sebanyak 100 ton, dan sudah tersalurkan tapi alhamdulillah lah benih itu sudah habis semua tuh dari petani,"jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada petani benih yang sudah dibagikan untuk ditanam. "Karena benih itu susah payah diperjuangkan,kunci pokoknya pada keberhasilan petani itu tergantung pada benih, kalau memang bagus hasil produksinya tolong sisihkan untuk antisipasi persediaan benih," kata Havis.

"Benih padi tersebut dibagi berdasarkan kelompok tani, dan tergantung luas lahannya, satu kelompok terdiri sebanyak 25 orang, intinya jatah benih padi dibagikan ke petani satu hektar lahan sebanyak 25 kilo,"tutupnya.(tribunjambi.com/ Hasbi Sabarin)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved