Melihat Anak Rimba Mengikuti Ujian Kenaikan Kelas di Tengah Pandemi Covid-19

Ujian kenaikan kelas tengah diikuti oleh peserta didik di Indonesia. Tidak ketinggalan anak-anak rimba di yang sudah sekolah formal

KKI WARSI UNTUK TRIBUN JAMBI
Anak rimba sedang melakukan ujian kenaikan kelas, di kantor lapangan KKI Warsi di Kabupaten Sarolangun, Senin (16/6/2020) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ujian kenaikan kelas tengah diikuti oleh peserta didik di Indonesia. Tidak ketinggalan anak-anak rimba di yang sudah ikut sekolah formal.

Ujian kenaikan kelas tahun yang berlangsung di tengah pandemi ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini sebagian anak ujian dengan menggunakan aplikasi berbasis teknologi.

Namun anak-anak di pedalaman tentu sangat sulit jika harus mengikuti ujian dengan berbasis teknologi.

Seperti yang dialami anak rimba yang tergabung di SD SDN 191 Air Panas Kecamatan Air Hitam Sarolangun.

Metode ujian yang diikuti anak-anak ini adalah dengan menjawab soal ujian yang diberikan pihak sekolah dan dikerjakan di rumah.

Pada Minggu (14/6) Fasilitator Pendidikan Warsi yang menjadi pendamping anak-anak rimba yang bersekolah di sekolah dasar ini mendapat pesan dari kepala sekolah terkait dengan pelaksanaan ujian.

“Anak-anak kita akan melaksanakan ujian, tetapi tidak boleh tatap muka di sekolah, Jadi kami minta tolong bapak ibu untuk mengambil soal anak-anak asuhnya agar bisa dikerjakan anak asuhnya di rumah, Soal di jemput hari Senin 15 Juni pukul 09.00 di sekolah,” demikian bunyi pesan dari Ade, Kepala Sekolah Dasar 191 Air Panas yang masuk ke ponsel Yohana Marpaung, fasilitator pendidikan KKI Warsi.

Yohana bergegas menuju sekolah, mengambil soal-soal ujian untuk Besimbur, Nyeser dan Nukik murid kelas 1, Pengarang Gading dan Bepanau kelas 2, Bepuncak kelas 3, Bekaram kelas 4, Besati dan Ceriap kelas 5.

Sebelum ujian di gelar, anak-anak ini sudah mendapatkan bimbingan belajar dari fasilitator pendidikan Warsi.

Halaman
123
Editor: suang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved