Breaking News:

Berita Kerinci

Isu Dapat Ganti Rugi, Pemasangan Penangkar Ikan di Kerinci Semakin Marak

"Ya, Ada yang mendapat bantuan dana Rp 15 juta untuk bantuan ahan ( penangkar ikan), makanya banyak warga yang berlomba-lomba membuat ahan," kata sala

Isu Dapat Ganti Rugi, Pemasangan Penangkar Ikan di Kerinci Semakin Marak
IST
Pemasangan penangkar ikan di Sungai Batang Merangin dan Danau Kerinci, kian marak

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pemasangan penangkar ikan atau yang biasa disebut 'Ahan' di Sungai Batang Merangin dan Danau Kerinci, kian marak. Hal itu membuat pemandangan dan aliran sungai menjadi terganggu.

Selain itu, akibat dari pemasangan penangkar Ikan tersebut bisa jadi Ikon Pariwisata tingkat Provinsi Jambi yang disandang Kerinci menjadi terancam.

Bahkan, pembuatan Penangkar Ikan tersebut, dinilai bisa menghambat aliran Air dari Danau Kerinci masuk ke Sungai Batang Merangin.

DPD Akli Provinsi Jambi Selenggarakan Lomba untuk PKL Kota Jambi

Ditinggal Istri Meninggal, Seorang Ayah Tega Memperkosa Anaknya Hingga Empat Kali Saat Kondisi Mabuk

Belum diketahui apa penyebab hingga penakar ikan samakin marak dibuat warga akhir-akhir ini. Namun menurut informasi warga ramai membuat penakar ikan lantaran adanya sejumlah warga yang mendapat kompensasi dari PLTA Hidro Merangin beberapa waktu lalu terhadap pemasangan tersebut.

"Ya, Ada yang mendapat bantuan dana Rp 15 juta untuk bantuan ahan ( penangkar ikan), makanya banyak warga yang berlomba-lomba membuat ahan," kata salah seorang warga setempat.

Namun, hingga saat ini kejelasan akan informasi pemberian kompensasi itu belum ada kejelasan. Meski begitu pemasangan penangkar ikan kian menjamur, bahkan sampai ke kawasan danau Kerinci.

"Sampai saat belum ado nerimo kompensasinyo," sebutnya.

Keri warga lain menilai pembuatan oleh warga tersebut dinilai merusak pemandangan Sungai dan Danau Kerinci.

"Itu harus tindakan dari pihak pemerintah, dulu dak sebanyak ini, tapi coba lihat sekarang di Didanau Kerinci juga sudah banyak Ahan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kerinci, Juanda dikonfirmasi soal pemasangan Penangkar ikan yang menjamur di Danau Keeinci, mengatakan pihaknya akan mencari solusi dengan warga.

"Kita akan coba mencari solusi nantinya," singkatnya

Penulis: heru
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved