unik

Danau India Warna Pink Ini Sebelumnya Punya Warna Lain, Kata Peneliti Ini Penyebabnya

Sebelum menemukan hasil pasti, Gajanan Kharat, ahli geologi, sempat menjelaskan hipotesisnya melalui akun Twittter badan pariwisata Maharashtra.

National Geographic Indonesia
Warna danau Lonar berubah menjadi pink. 

TRIBUNJAMBI.COM - Keajaiban alam melalui warna-warna agaknya tidak muncul begitu saja. Ada sebab musabab yang sering membuat orang penasaran. Seperti danau ini.

Danau Lonar berada di kawah bekas hantaman meteorit di negara bagian Maharashtra, India, sekitar 500 kilometer di timur Mumbai, dan berusia 50 ribu tahun. Pada minggu lalu, danau yang berwarna kehijauan tersebut, dilaporkan berubah menjadi pink.

Sementara tes lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab pastinya, tapi para peneliti mengatakan, perubahan warna tersebut disebabkan oleh keberadaan ganggang yang memengaruhi kadar salinitas.

Menurut catatan lokal, fenomena serupa pernah terjadi sekitar tahun 2000, tapi tidak mendapat banyak perhatian. Kali ini, sampel air dari danau Lonar langsung dikirim ke National Environment Engineering Research Institute (NEERI) untuk dianalisis.

Suzy dan Park Bo Gum Tertangkap Kamera Jalan Bersama di Wonderland

Gabungkan Gen Manusia dan Monyet, Peneliti Cina Ini Ngeri Sendiri dengan Dampaknya

Sebelum menemukan hasil pasti, Gajanan Kharat, ahli geologi, sempat menjelaskan hipotesisnya melalui akun Twittter badan pariwisata Maharashtra.

“Salinitas di danau telah meningkat karena level air turun secara drastis tahun ini. Cuaca yang lebih hangat juga menghasilkan pertumbuhan ganggang secara berlebihan dan membuatnya berwarna kemerahan. Itu menyebabkan danau menjadi pink dalam waktu semalam,” paparnya.

Kursi Pelontar Pesawat Tempur Yang Jatuh di Kampar Menimpa Atap Rumah Warga, Pilotnya Selamat

Maharashtra Tourism@maha_tourism
 
 

From Green to Pink; Lonar Crater Lake has changed its colour.#LonarLake #LonarCrater #SaltWaterLake #MaharashtraTourism

Lihat gambar di TwitterLihat gambar di Twitter
 
282
Info dan privasi Iklan Twitter
 
102 orang memperbincangkan tentang ini
 
 

Peneliti lainnya, Professor Suresh Mapari, menyampaikan hal yang sama pada media lokal, Lokmat. Ia mengatakan, pelepasan pigmen merah (karotenoid) dari ganggang besar Halobacteria dan Dunaliella salina menjadi penyebab utama dari perubahan warna danau.

Baca Juga: Malang, Gajah Hamil Ini Mati Setelah Makan Nanas Berisi Petasan

Danau Lonar dengan warna normalnya.
Purva Joshi/Shutterstock
Danau Lonar dengan warna normalnya.

Kawah benturan meteorit ini memiliki kedalaman sekitar 150 meter dan menjadi batuan basaltik terbesar di Bumi. Ini sempat membingungkan para peneliti yang menemukannya pada abad ke-19. Awalnya, ia diduga tercipta akibat gunung berapi. Namun ternyata, kawah tersebut berkaitan dengan dampak kosmik—terbentuk secara alami akibat benturan yang terjadi dalam kecepatan sangat tinggi.

Para ilmuwan dari seluruh dunia terus tertarik pada kawah dan danau Lonar. Airnya sendiri bersifat alkali dan salin, kemudian pada 2007 ditemukan bukti fiksasi nitorgen biologis.

Fenomena perubahan warna yang baru terjadi ini, menambah bab baru pada sejarah Danau Lonar.

Artikel ini telah tayang di National Geographic Indonesia dengan judul Warna di Danau Berusia 50 Ribu Tahun Ini Berubah Jadi Pink, Apa Penyebabnya?

Editor: Jaka Hendra Baittri
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved