Berita Muarojambi

Pasca Lebaran Tumpukan Sampah di Muarojambi Menurun

Ia juga mengatakan KSM tersebut merupakan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara yang akan dilakukan pengangkutan dari KSM ke tempat pembuangan...

Tribunjambi/Samsul Bahri
Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Muarojambi, Riduwan. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Pasca lebaran, tumpukan sampah di Kabupaten Muarojambi menurun dibandingkan tahun lalu, ini disebabkan lebaran tahun ini di tengah Covid-19.

Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Muarojambi menilai, masih rendahnya daya beli masyarakat saat lebaran dan juga menurunya tingkat konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan rumah tangga hadapi lebaran di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Muarojambi Kabupaten Muarojambi Riduwan menggatakan untuk pengangkutan sampah tetap lakukan secara normal.

Cerita Sandiaga Uno Ternyata Pernah Satu Kos Bareng Ayah Atta Halilintar Semasa Muda

Tim Gabungan Polresta Jambi dan Polsek Kotabaru Tindak 25 Pengendara Dalam Razia 3C

"Kita ada tiga Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) khusus tempat pembuangan dan pengolahan sampah, pertama di Sungai Gelam, Kasang Pudak, dan Mendalo," katanya, Minggu (14/6/2020).

Ia juga mengatakan KSM tersebut merupakan tempat pembuangan sampah (TPS) sementara yang akan dilakukan pengangkutan dari KSM ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang sudah ditentukan di Kilometer 36 Bukit Baling.

"Untuk sampah di tiga titik KSM tersebut tetap kita lakukan pengangkutan ke TPA kita di KM 36 Desa Bukit Baling Baling Kecamatan Sekernan," jelasnya.

Riduwan juga menjelaskan KSM dibentuk guna menampung sampah dari perumahan sebelum di angkut ke TPA.

Biasanya sampah tersebut sebelum di angkut ke TPA pihak KSM bisa mengolah sampah yang bisa dimanfaatkan oleh mereka,setelah itu dilakukan pembuangan ke TPA.

"Sebenarnya harapan kita KSM yang sudah terbentuk benar-benar mengolah nian, bisa dijadikan pupuk dan kerajinan lainnya, tapi kami menilai belum maksimal," tutupnya.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved