unik

Tak Disangka, Sangat Mirip Musik Metallica, Artificial Intelligence Memainkannya

Nah, kini si AI didapati kembali memperlihatkan kecanggihannya dengan menciptakan rangkaian nada dan suara dari lagu bertempo lebih cepat.

grid.id
UNITED KINGDOM - JANUARY 01: Photo of Cliff BURTON and METALLICA and Kirk HAMMETT and James HETFIELD and Lars ULRICH; L-R: Kirk Hammett, James Hetfield, Lars Ulrich, Cliff Burton - posed, studio, group shot, (Photo by Fin Costello/Redferns) 

TRIBUNJAMBI.COM - Artificial Intelligence selalu mengejutkan. 

Mungkin kalian masih ingat, sempat bulan lalu channel YouTube bernama Funk Turkey menggunggah lagu 'Great Balls' yang mirip karya AC/DC.

Lagu tersebut diklaim sebagai hasil aransemen sebuah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Mahasiswa Cantik Rusia Nikahi Pekerja Tambang di Cina, Cinta Menyatukan Mereka Meski Belum Berharta

Token Listrik Gratis PLN Juni 2020, Klik pln.co.id dan Chat WA 08122123123 untuk Cara Mendapatkanya

Nah, kini si AI didapati kembali memperlihatkan kecanggihannya dengan menciptakan rangkaian nada dan suara dari lagu bertempo lebih cepat menyerupai lagu Metallica.

Lagu tersebut diberi nama 'Deliverance Ride'.

Masih menggunakan teknik sama, yakni dengan memanfaatkan software bernama lyrics.rip untuk membaca lirik lagu dari database, AI tersebut kemudian menerjemahkannya ke dalam bebunyian instrumen yang sesuai dan lengkap dengan nuansa

vokal layaknya James Hetfield. Lihat hasilnya di bawah ini.

"Setiap musik dan vokal yang dimunculkan, digabungkan, dan diolah oleh saya sendiri, di dapur saya, menggunakan beberapa gitar murah, mikrofon jelek, dan salinan lama ProTools. Sementara semua lirik disediakan oleh ROBOT YANG INGIN MENGUASAI KITA SEMUA (AKA lyrics.rip)," imbuh Funk Turkey dalam uraian videonya.

"Saya mencoba untuk mendapatkan suara yang ada di album "Master of Puppets" dan "Black". Namun, suara drum Lars cukup sulit untuk ditiru tanpa menghabiskan banyak uang. Gitar multitracked yang BANYAK."

Pada proyek sebelumnya di lagu serupa milik AC/DC, Funk Turkey juga mengatakan bahwa kerja tersulit AI-nya dalam membuat lagu ini adalah pada tahap memasukan vokal, di mana aplikasi  tersebut kesulitan menirukan suara hard rock khas vokalis Brian Johnson.

24 Botol Vodka Diamankan dari Warem Marosebo Ilir

12 Aturan Kaku Kerajaan Inggris Ini Direformasi Setelah Kematian Putri Diana

"Saya memasukkan lirik AC/DC ke dalam bot dan memintanya untuk menulis lagu. Juga, izinkan saya mengatakan bahwa berusaha bernyanyi seperti Brian Johnson sangatlah sulit," tulis akun Youtube Funk Turkey.

Gimana menurut lo? Beneran mirip sama Metallica nggak?

Artikel ini telah tayang di Hai.Grid.Id dengan judul Robot Ini Berhasil Bikin Lagu Mirip dengan Karya Metallica, Canggih Nggak?

Editor: Jaka Hendra Baittri
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved