New Normal

Rabu (10/6), Bandara Jambi Telah Layani 3 Maskapai

Operasional Bandara Sultan Thaha Jambi, Rabu (10/6) berjalan lancar. Di hari pertama Lion Air Group kembali beroperasi ini hanya Batik Air

ist
Bandara Sultan Thaha Jambi layani tiga maskapai 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Operasional Bandara Sultan Thaha Jambi, Rabu (10/6) berjalan lancar. Di hari pertama Lion Air Group kembali beroperasi ini hanya Batik Air yang mendarat dan berangkat tujuan Jakarta.

Executive General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi, M Hendra Irawan, mengatakan selain Batik Air ada dua maskapai yakni Citilink Indonesia tujuan Jakarta, Batik Air tujuan Jakarta dan Susi Air tujuan Dabo Singkep.

Walaupun kegiatan dibandara telah mengimplementasikan skenario new normal, belum ada tenant yang beroperasi di Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Saat ini tenant di bandara belum beropersi karena sedang mempersiapkan fasilitas pendukung protokol kesehatan," ujar Irawan.

Dia juga menyampaikan, Bandara Sultan Thaha Jambi telah mempersiapkan operasional dengan mengusung 5 inisiatif utama meliputi physical distancing, health screening, touchless contact, cleaning and sanitazion facilities dan workforce protection.

"Kami terus memperkuat implementasi physical distancing, baik antar penumpang maupun dengan petugas melalui prosedur pembatasan antrean posko pemeriksaan dokumen an kesehatan menggunakan sistem antrean elektronik, pemasangan perisai pelindung pada meja posko, konter check in, tenant serta meja pelayanan lainnya untuk mencegah risiko penularan Covid-19.

Terkait dengan pemeriksaan kesehatan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Jambi dan Gugus Tugas Provinsi Jambi serta Kota Jambi khususnya dalam hal pemeriksaan dan sosialisasi persyaratan khusus yang ditetapkan oleh beberapa pemerintah daerah tujuan.

Lalu implementasi touchless contact, pihaknya terus melakukan berbagai inovasi meliputi rekayasa fasilitas pada tombol lift dan pintu customer service airlines sehingga dapat difungsikan menggunakan alas kaki.

Lalu, penyediaan fasilitas kebersihan dan sanitasi, telah dilakukan penambahan 5 unit fasilitas cuci tangan yang berada di area parkir mobil dan motor serta selasar keberangkatan.

Khusus untuk upaya perlindungan karyawan, pihaknya telah melengkapi alat pelindung diri (APD) seperti masker, sarung tangan dan face shield ke seluruh petugas frontliner yaitu airport security, costumer service dan terminal inspection sesuai protokol APD yang telah ditetapkan perusahaan.

"Seluruh stakeholder di Bandara Sultan Thaha Jambi wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti mengimplementasikan jaga jarak, seluruh petugas wajib mengunakan masker, dilarang berkumpul, kita juga melakukan sterilisasi/disinfektan area masing-masing secara berkala, menyediakan handwash/hand sanitizer, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," tutup Irawan.

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved