Breaking News:

Smart Mom

Orang Tua Sulit Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Mendampingi Belajar di Rumah

Belajar di rumah saat pandemi corona memiliki kesulitan tersendiri. Berbagi peran dan berkolaborasi antara orangtua dan guru diperlukan untuk kelancar

Tribunjambi/Nurlailis
Smart mom, Monik Novita 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tidak semua orang tua memiliki pengalaman mengajar secara akademis sebelumnya, juga orang tua memiliki tuntutan pekerjaan yang harus dituntaskan.

Belajar di rumah saat pandemi corona memiliki kesulitan tersendiri. Berbagi peran dan berkolaborasi antara orangtua dan guru diperlukan untuk kelancaran kegiatan belajar anak.

Salah satu orang tua siswa, Monik Novita mengaku hal yang sulit dalam mendampingi anak selama di rumah adalah pembagian waktu. Ia memiliki empat anak diantaranya Febrian (16), Graciela (14), Ashley (12), Eugenia (5).

Protokol Kesehatan Harus Benar-Benar Dilaksanakan Jika Anak Kembali ke Sekolah

BMKG Jambi Prediksi Potensi Hujan di Provinsi Jambi Bakal Semakin Berkurang

Beralih dari Listrik Pascabayar ke Prabayar, Begini Prosedurnya

“Saat belajar di rumah anak perlu didampingi, agar mereka bisa mengerjakan tugas dengan baik. Kesulitannya tentu di pengaturan waktu antara pekerjaan ibu dan anak. Dengan anak belajar di rumah ibu harus terlibat dalam proses belajar mengajarnya,” ungkap istri dari dr Ronny Setiawan, Sp BS ini.

Saat berada di rumah pun anak tidak selalu merasa betah. Kebosanan kerap terjadi karena sudah cukup lama mereka berada di rumah.

Menurutnya sebagai orangtua harus kreatif untuk menyediakan mainan edukatif di rumah. Juga mengajak aktivitas yang melibatkan anak seperti membantu pekerjaan rumah tentunya dengan cara yang menyenangkan dan dilakukan bersama-sama.

Mengenai wacana anak masuk sekolah tentunya membuatnya takut akan penularan virus. Ia mengatakan hal ini hanya bisa dilakukan pada anak yang remaja, atau anak yang sudah bisa diberikan pengertian untuk menjalankan protokol kesehatan dalam proses belajar disekolah. Akan riskan sekali sekolah tetap diterapkan bagi anak TK atau PAUD.

Penulis: Nurlailis
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved