Berita Tanjab Timur

Jelang Pasar Rakyat Modren Pertama di Tanjabtim Dibuka, Disperindag Lakukan Pendataan

Disperindag Kabupaten Tanjabtim akan melakukan pendataan ulang pedagang dijadwalkan dalam hitungan bulan sudah beroperasi. Jumat (5/6).

Tribun Jambi/Abdullah Usman
Pasar Rakyat yang berada di Muara Sabak Ulu Kecamatan Sabak Timur, merupakan pasar semi modern pertama di Kabupaten Tanjabtim. Pemerintah daerah tengah melakukan pendataan jelang pengoperasian pasar tersebut. 

Laporan Wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Pasar modren pertama di Kabupaten Tanjabtim siap dioperasikan.

Disperindag Kabupaten Tanjabtim akan melakukan pendataan ulang pedagang. Dan dijadwalkan dalam hitungan bulan sudah beroperasi, Jumat (5/6).

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tanjabtim, Hero Suratman, melalui Kabid Pasar Hardiansyah menuturkan rencana awal pengopersian pasar tersebut sudah dapat dilakukan pertengahan tahun ini.

Namun hal tersebut bergeser karena adanya pandemi dan ikut terdampak.

"Target kita tetap tahun ini, dijadwalkan minggu depan akan dilakukan pengecekan pedagang dan pendataan ulang sehingga tidak terjadinya polemik dan isu jual beli lapak seperti yang sudah sudah," ujarnya

Selain itu pihaknya juga akan memastikan terlebih dahulu, apakah semua tempat tersebut benar benar telah diisi oleh para pedagang yang berada di dua kelurahan Muara Sabak Ulu dan ilir.

"Untuk jumlah kapasitas lapak atau kios sendiri di pasar tersebut ada 108. Namun jika dilihat dengan jumlah pedagang yang ada di dua kelurahan tersebut tentu berlebih. Itu yang akan kita data dengan baik dulu," jelasnya.

Untuk fasilitas pendukung lainnya perlahan sudah dilengkapi seperti akses jalan dan sarana parkir meski belum sepenuhnya jadi.

Saat ini pihaknya tengah mengupayakan pembuatan sumur bor yang nantinya untuk dipergunakan pedagang sebagai sumber air bersih.

Lanjutnya, nantinya setelah beropersi dalam setahun kedepan pengoperasian pasar tersebut akan bersifat free bagi pedagang (tanpa retribusi), setelah semua tertata baik baru di tahun ke Dua akan diberlakukan pungutan retribusi.

"Sementara itu untuk eks-pasar lama, pemanfaatannya akan kembali ke aset daerah," pungkasnya.

Lantaran Pelanggan Tak Puas dengan Layanan, Tukang Pijat di Merangin ini Dibacok Pantatnya

Roller Coaster Harus Tetap Jalan Meski Lockdown, Hadiah Boneka-Boneka Raksasa Jadi Penumpangnya

Kakak Mendiang Pablo Escobar Gugat Apple, Ada Apa dengan Perusahaan Steve Jobs Ini?

Penulis: Abdullah Usman
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved