Breaking News:

Virus Corona di Jambi

Keberangkatan CJH Tanjabbar Dibatalkan, Kamenag: Persiapan Sebenarnya Sudah 80 Persen

Namun, berdasarkan keputusan Kementerian Agama RI bahwa tahun ini tidak ada keberangkatan jemaah haji lantaran adanya pandemi Covid-19.

Tribunjambi/Samsul Bahri
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjabbar, Hasbi mengatakan, CJH diperbolehkan untuk mengambil pelunasan uang haji yang telah disetor. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Persiapan keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tanjabbar untuk tahun ini sudah 80 persen.

Namun, berdasarkan keputusan Kementerian Agama RI bahwa tahun ini tidak ada keberangkatan jemaah haji lantaran adanya pandemi Covid-19.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjabbar, Hasbi, Kamis (4/6/2020), menyebutkan bahwa terhadap keputusan inipun juga telah disampaikan kepada sejumlah CJH.

BREAKING NEWS Gempa Besar Berkekuatan 7,1 SR Terjadi di Laut Daruba Maluku Utara

Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Huruf Arab dan Latin, Lengkap dengan Artinya, Yasinan Malam Jumat

Pernikahan di KUA Tanjabtim Kembali Dibuka, Catat Ini Ketentuannya, Sehari Hanya Lima Pasangan

"Kalau persiapan pemberangkatan 80 persen. Seharusnya kan 25 Juni, CJH kita berangkat ke Jambi. Kita hanya belum melaksanakan manasik haji yang dilaksanakan oleh pemerintah, tapi secara pribadi mereka belajar secara mandiri," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan dokumen termasuk paspor juga telah dipersiapkan. Dengan batalnya berangkat haji 2020 ini, terkait dengan perlengkapan dokumen paspor diharapkan oleh Hasbi untuk tetap disimpan di Kemenag.

"Kami berharap dokumen paspor CJH tetap di simpan di Kemenag, karena kita khawatirkan itu takut hilang. Ini repot lagi, karena kan mereka juga nanti akan berangkat di 2021," ujarnya.

Di sisi lain, soal uang pelunasan juga kata Hasbi jika memang tidak mendesak lebih baik tidak diambil. Karena kata Hasbi nantinya sebulan sebelum keberangkatan akan ada uang bagi hasil dari pelunasan tersebut.

"Kami berharap kalo jamaah berkenan tidak di ambil, tahun depan ada semacam pembagian hasil. Yang sebulan sebelum keberangkatan akan dibicarakan," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved