Advertorial

Unja Gelar Rakor Daring KKN Kebangsaan 2020

KKN Kebangsaan tahun 2020 ini rencananya akan dilaksanakan di Jambi yang diikuti oleh 87 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Istimewa
Unja Gelar Rakor Daring KKN Kebangsaan 2020 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan adalah program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti bekerjasama dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan melibatkan semua perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

Kegiatan ini merupakan perwujudan dari konsep Tridarma Perguruan Tinggi, karena memadukan dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, sekaligus dalam satu kegiatan.

Kegiatan KKN Kebangsaan tidak hanya sekedar sebagai aktivitas pengabdian dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah masyarakat saja, akan tetapi dikembangkan sebagai media efektif bagi mahasiswa untuk melakukan proses pembekalan diri dalam membantu memberdayakan masyarakat, dan termasuk berbagai institusinya.

KKN Kebangsaan tahun 2020 ini rencananya akan dilaksanakan di Jambi yang diikuti oleh 87 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Karena mewabahnya Covid-19 belum ada kejelasan terkait KKN tersebut.

“Walaupun Jambi tidak memberlakukan PSBB, namun secara nasional, kita masih menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Indonesia mengenai akses keluar masuk wilayah Indonesia” kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si, dalam keterangannya ketika memimpin rapat yang dilaksanakan secara daring dalam rangka menindaklanjuti Surat Direktur Kemahasiswaan Nomor:340/E.33/KM/2019 Tentang Perguruan Tinggi Pelaksana KKN Kebangsaan 2020 pada Rabu (27/5/2020).

Unja Gelar Rakor Daring KKN Kebangsaan 2020
Unja Gelar Rakor Daring KKN Kebangsaan 2020 (Istimewa)

Kamid juga mengatakan, Universitas Jambi siap menjadi tuan rumah dan melaksanakan KKN Kebangsaan sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Secara Internal, pelaksanaan KKN Kebangsaan 2020 telah disetujui oleh Senat Universitas Jambi dan telah disosialisasikan pada semua Unit Kerja dan Fakultas di Lingkungan Universitas Jambi serta instansi terkait. Selain itu, Para Kepala Daerah, Gubernur Jambi dan Para Bupati serta instansi terkait dan Pihak Swasta juga sudah mendukung secara penuh untuk dilaksanakan KKN Kebangsaan 2020 di Jambi melalui rapat-rapat koordinasi” tambahnya.

Melihat dan mengamati perkembangan Covid-19 yang terus bertambah secara nasional dan di daerah Jambi khususnya, maka dibutuhkan pertimbangan matang dalam pelaksanaan kegiatan tersebut

“Maka berdasarkan pertimbangan tersebut, Universitas Jambi mengajukan penundaan kegiatan kepada para stakeholder hingga semester ganjil tahun akademik 2021 demi mencegah meluasnya pandemi yang sedang melanda Indonesia,” tutup Kamid.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Desa calon lokasi KKN Kebangsaan 2020 telah ditunjuk oleh Pemda Kabupaten Muara Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Penunjukan lokasi tersebut telah dilakukan visitasi serta kunjungan lapangan oleh tim Belmawa ke lokasi KKN Kebangsaan tersebut. Adapun jadwal pelaksanaan yang ditetapkan sebelumnya jatuh pada 19 Desember 2020.

Tampak hadir dalam rakor daring tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc Ketua Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata, Asrial Paiman, serta Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ir. YG. Armando, M.S. (*)

Facebook: univ.jambi
Instagram: @univ.jambi
Twitter: @univ_jambi
YouTube: Universitas Jambi
Website : https://www.unja.ac.id

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved