Minum dan Mandi Air Panas Ternyata Mampu Matikan Virus Corona? Begini Penjelasan Dokter

Dr. Sumardi menjelaskan ada penelitian yang mengungkapkan kalau suhu lebih dari 58 derajat bisa membunuh virus SARS tapi ternyata suhu itu berbahaya

Editor: Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM - Semenjak wabah virus corona mulai melanda di beberapa daerah, sejumlah mitos pun banyak beredar bagaimana cara pencegahan Covid-19.

Salah satunya membunuh virus corona dengan minum air panas dan mandi air panas termasuk yang banyak beredar di masyarakat karena suhu panas dianggap bisa mematikan virus.

Faktanya Pakar Penyakit Dalam Spesialis Paru-Paru Internis Pulmonologist FKKMK Universitas Gajah Mada (UGM), dr. Sumardi, Sp.PD,KP., FINASIM., membantah kalau minum panas dan mandi air panas bisa mematikan Covid-19.

“Klaim itu tidak benar, minum maupun mandi air panas tidak bisa membunuh Covid-19,” kata dr. Sumardi dilansir dari website UGM.

Vaksin Covid-19 Uji Coba Pada Manusia Mulai Dilakukan, Jika Berhasil Bakal Produksi 100 Juta Dosis

Waspada Peringatan Dini BMKG Hari Ini, Minggu 31 Mei 2020, Mulai Hujan Lebat hingga Angin Kencang

Begini Grafik Gejala yang Paling Sering Timbul Pada Pasien Positif Virus Corona Covid-19, Ternyata

Ini Rekaman CCTV Tewasnya George Floyd yang Bikin Warga Amerika Marah hingga Kerusuhan Besar

Dr. Sumardi menjelaskan suhu air panas yang diminum tidak akan mencapai Virus Covid-19 yang berada di dalam sel tubuh dan tubuh punya kemampuan secara otomatis untuk mengatur suhu saat mendapatkan serangan virus.

“Kalau ada virus yang masuk ke tubuh maka suhu tubuh akan naik dengan sendirinya untuk menetralkan virus,” ungkap dr. Sumardi.

Dr. Sumardi menjelaskan ada penelitian yang mengungkapkan kalau suhu lebih dari 58 derajat bisa membunuh virus SARS tapi ternyata suhu tersebut berbahaya bagi tubuh.

Pertama kalau meminum air dengan suhu panas bisa berbahaya bagi kesehatan lambung karena air panas melemahkan jaringan lambung.

Kedua kalau mandi air panas terus-terusan maka akan merusak jaringan sel kulit dan efek paling cepatnya adalah kulit jadi kering.

"Jadi, tidak perlu minum atau mandi air panas karena justru akan mengacaukan sistem tubuh," kata dr. Sumardi.

Dibanding dengan air panas yang paling baik adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat mulai dari mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak, dan asupan sehat. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dokter Tegaskan Minum dan Mandi Air Panas Tidak Bisa Matikan Covid-19

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved