Hukum Sholat Idul Fitri di Rumah Karena Pandemi Covid-19, Niat hingga Tata Cara Shalat Ied

MUI menjelaskan hukum melaksankan Sholat Idul Fitri di rumah, baik itu secara munfarid/sendiri atau berjamaah bersama keluarga.

Pixabay
Ilustrasi sholat 

TRIBUNJAMBI.COM - Imbas masih adanya pandemi virus corona, umat Islam diimbau untuk melaksanakan ibadah Sholat Ied  Idul Fitri di rumah bersama keluarga inti.

Mengenai hal tersebut, pijak dari MUI menjelaskan hukum melaksankan Sholat Idul Fitri di rumah, baik itu secara munfarid/sendiri atau berjamaah bersama keluarga.

Lantas apa hukumnya salat Idul Fitri di rumah?

Berikut ulasannya dilansir TribunnewsBogor.com dari Youtube Tribunnews.

Menurut Ustaz Satibi Darwis, 4 mazhab seperti Imam Syafii, Imam Hanafi, Imam Hambali dan Imam Maliki memberikan penjelasan beda soal hulum salat Idul Fitri di rumah.

"Ada pertanyaan, bagimana hukumnya kalai Salat Ied dilakukan di rumah?" ucap Ustaz Satibi Darwin yang juga termasuk anggota fatwa MUI pusat.

Dikatakan sang ustaz, menurut jumhur ulama dari Mazhab Imam Hambali, Maliki dan Syafii boleh dilalukan secara munfarid di rumah.

"Menurut Imam Maliki dalam kitab Syarhul Karashi, bagi yang ketinggalan sholat Idul Fitri bareng imam, maka dianjurkan sholat idul fitri sendiri," papar Ustaz Satibi Darwis.

"Selanjutnya menurut Imam Syafii dijelaskan oleh Imam Nawawi, dianjurkan salat Ied itu disunnahkan berjamah. kerana ada hadits-hadits sahih yang menganjurkannya.

Boleh dilakukan salat Ied itu sendiri, menurut Mashab Imam Syafii, itu sah," tambah sang ustaz.

6 Tafsir Mimpi Digigit Ular Menurut Primbon Jawa - Akan Ada Cobaan hingga Dapat Rejeki

Resep Kacang Goreng Balut Tepung, Cemilan Khas Lebaran yang Mudah Dibuat

Halaman
1234
Editor: suci
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved