Semudah Memesan Tiket Pesawat, Digital Simolek dari OJK untuk Peminjaman

Era saat ini segala hal termasuk proses pemberian layanan oleh pemerintah dituntut serba cepat dan mudah. Salah satu cara menjawab tuntutan

ist
Digital Simolek (DI-MOL)saat berkunjung ke sekolah-sekolah. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -  Era saat ini segala hal termasuk proses pemberian layanan oleh pemerintah dituntut serba cepat dan mudah. Salah satu cara menjawab tuntutan tersebut dengan melakukan proses digitalisasi.

"Pemerintah ke depannya harus 'Dilan', Digital Melayani," begitu ucap Jokowi dalam Debat Capres 2019 tanggal 30 Maret 2019.

Ucapan tersebut menjadi salah satu pendorong di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi, untuk menciptakan sebuah sistem yang mempermudah dan informatif terkait proses pemberian pelayanan.

Hal yang dicoba dikembangkan di Kantor OJK Provinsi Jambi adalah menciptakan proses digitalisasi peminjaman kendaraan SiMOLEK.

Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin mengatakan, SiMOLEK merupakan singkatan dari Si Mobil Literasi Keuangan. Ini merupakan fasilitas kendaraan yang dimiliki oleh OJK dan dapat digunakan oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) dengan tujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.

Pengembangan proses digitalisasi berbasis aplikasi dalam bentuk web based, yang bisa di akses melalui situs J4MBI.com.

Melalui aplikasi tersebut PUJK cukup memilih menu SiMolek lalu login dengan user dan password yang telah diberikan, kemudian PUJK mengisi data pada kolom yang tersedia dan memilih tanggal pemakaian kendaraan SiMOLEK.

Setelah proses pengisian tersebut, aplikasi akan melakukan notifikasi melalui email kepada admin, yang memberitahukan bahwa terdapat PUJK yang akan melakukan peminjaman kendaraan SiMOLEK.

"Melalui menu admin, admin tinggal melakukan persetujuan dan mencetak dokumen BAST (Berita Acara Serah Terima) yang menjadi dasar proses peminjaman yang diberikan saat PUJK datang mengambil kendaraan SiMOLEK," ujar Endang.

Selain itu, pada aplikasi juga ditampilkan kalender yang menunjukan tanggal ketersediaan SiMOLEK dan apabila telah terdapat PUJK yang telah mem-booking. Maka pada kalender tersebut akan menampilkan note khusus pada tanggal yang telah di-booking tersebut.

Secara garis besar proses digitalisasi peminjaman SiMOLEK hampir mirip dengan proses pemesanan tiket pesawat melalui traveloka, pegi-pegi, dan aplikasi sejenis lainnya.

Sebelum dilakukan proses digitalisasi, proses peminjaman kendaraan SiMOLEK dilakukan secara manual, yaitu PUJK melakukan konfirmasi ke OJK untuk memastikan ketersediaan kendaraan melalui telepon atau dengan berkunjung langsung. Terkadang proses tersebut terasa tidak efektif, karena apabila saat melakukan konfirmasi PUJK ternyata kendaraan SiMOLEK telah dipinjam oleh PUJK lain, maka hal tersebut akan mengecewakan.

Selain itu, proses tersebut juga merepotkan dan menjadi salah satu penyebab tidak optimalnya penggunaan kendaraan SiMOLEK.

Pada akhirnya diharapkan dengan proses digitalisasi, proses peminjaman jadi lebih mudah dan meningkatkan utilitas penggunaan kendaraan SiMOLEK sebagai salah satu media meningkatkan literasi dan inklusi di Provinsi Jambi.

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved