Info Terkini Pemkot Jambi

Kemitraaan Strategis, Kota Jambi Raih Bantuan Dari Singapura, akan Mampu Layani Test SWAB Mandiri

Kota Jambi mendapat kado istimewa dihari jadinya ke-74, dari Pemerintah Singapura. Pemerintah Kota Jambi menjadi satu-satunya ...

Istimewa
Bertempat di Aula Griya Mayang, Senin pagi (18/5), Pemerintah Kota Jambi melaksanakan Virtual Hand Over Ceremony antara Pemerintah Kota Jambi bersama Pemerintah Singapura. Mewakili Pemerintah Kota Jambi, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Jambi dr. H. Maulana dan Kabag Kerjasama Setda Kota Jambi Mariani Yanti, P.hd. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kota Jambi mendapat kado istimewa dihari jadinya ke-74, dari Pemerintah Singapura. Pemerintah Kota Jambi menjadi satu-satunya pemerintah kota di Indonesia yang mendapat sejumlah bantuan dari negara serumpun melayu tersebut.

Bertempat di Aula Griya Mayang, Senin pagi (18/5), Pemerintah Kota Jambi melaksanakan Virtual Hand Over Ceremony antara Pemerintah Kota Jambi bersama Pemerintah Singapura. Mewakili Pemerintah Kota Jambi, Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Jambi dr. H. Maulana dan Kabag Kerjasama Setda Kota Jambi Mariani Yanti, P.hd. Acara serah terima secara virtual bantuan dari Pemerintah Singapura melalui Temasek Foundation kepada Pemerintah Kota Jambi itu, juga di hadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk negara Singapura, Ngurah Swajaya.

Selain itu turut pula hadir mengikuti acara virtual tersebut, Pejabat Gubernur Kepri H. Isdianto, Gubernur Riau Syamsuar, Mr. Lim Hock Chuan, Chief Executive Temasek Foundation Connects, Mr. Benedict Cheong, Chief Executive Temasex Foundation International, Laksamana Pertama Yayan, Komandan Guskamla Koarmada I

Selain Kota Jambi, daerah yang mendapat bantuan tersebut adalah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Dengan demikian, satu-satunya pemerintah daerah setingkat kota yang mendapat bantuan tersebut adalah Kota Jambi.

Kota Jambi mendapatkan bantuan dari Pemerintah Singapura berupa 2000 liter konsentrat hand sanitizer, container, RNA Exraction Kits (alat tes Covid-19) yang mampu melayani sebanyak 10.368 kali tes, dan 50 unit Mirxes Fortitude Kit. Bantuan bernilai SGD 125.258 tersebut, memang ditujukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi pada umumnya.

Chief Executive Temasek Foundation Connects, Bennedict Cheong, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Singapura kepada Kota Jambi tersebut merupakan wujud kepedulian Singapura kepada Kota Jambi dan Pemerintah Indonesia, sebagai negara jiran yang ingin maju dan bangkit bersama.

"Covid-19 telah menjadi pandemi di dunia dan menjadi bencana bagi umat manusia. Tapi apa yang kila lakukan hari ini, baik bagi masyarakat Singapura maupun Indonesia, kita selama ini berdampingan, bekerja sama, dikarenakan 2 hal, yaitu rising (bangkit-red) bersama-sama dan stronger (menjadi lebih kuat-red) bersama-sama," ujar perwakilan negara Singapura tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya, menyampaikan bahwa bantuan negara Singapura untuk Indonesia adalah wujud kemitraan dan hubungan yang telah terbina baik selama ini antar dua negara di Asean tersebut.

"Bantuan ini merupakan wujud kerjasama antar negara yang sudah terjalin selama ini. Pemerintah Singapura melalui Temasek juga telah memesan sebanyak enam juta reuseable masker di Jawa Tengah, yang nantinya akan diberikan kembali kepada Indonesia dan negara lainnya yang akan dibantu oleh Singapura. Kita juga akan menjajaki kerjasama lainnya dalam konteks penanganan Covid-19," ujarnya.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan penghargaannya kepada Pemerintah Singapura, serta seluruh pihak baik dari Pemerintah Singapura dan Indonesia, yang telah membantu Kota Jambi untuk mendapatlan bantuan tersebut.

Halaman
12
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved