Ramadhan 2020

Puasa di Tengah Corona, Ketua DPRD Merangin Fokus Ibadah dan Ngurus Rakyat dari Rumah

Ramadhan kali ini berbeda dengan sebelumnya. Umat muslim harus menjalani puasa di tengah pandemi Covid-19.

Puasa di Tengah Corona, Ketua DPRD Merangin Fokus Ibadah dan Ngurus Rakyat dari Rumah
IST
15052020_Ketua DPRD Merangin Herman Efendi

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Ramadhan kali ini berbeda dengan sebelumnya. Umat muslim harus menjalani puasa di tengah pandemi Covid-19

Meski demikian, jadikan cobaan ini sebagai bentuk introspeksi diri dan ajang mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Kita dituntut untuk tidak melakukan aktivitas berlebihan diluar rumah. Pemerintah menyarankan agar masyarakat tetap dirumah, ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menjalani ibadah ditengah Covid-19 ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya kita bisa beribadah bersama keluarga dirumah, kekurangannya juga sangat banyak. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Merangin, H Herman Effendi ST. MM.

"Sangat jauh perbedaannya. Tahun ini kita lebih banyak dirumah," kata Herman.

Herman Efendi saat beraktivitas di rumah
Herman Efendi saat beraktivitas di rumah (IST)

Sebagai orang nomor satu di DPRD Kabupaten Merangin, dirinya sangat rindu dengan suasana puasa pada tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun sebelumnya, dirinya menjalankan ibadah khususnya sholat lima waktu maupun tarawih selalu berjemaah, namun saat ini banyak tempat ibadah yang tidak melaksanakan itu, terutama masjid-masjid yang berada dipinggir jalan lintas.

"Rindu sekali dengan suasana puasa seperti tahun sebelumnya," ungkap Herman lagi.

Dengan kondisi Covid-19 yang masih merebak ini, dirinya meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Selalu mengikuti anjuran dari pemerintah sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Herman Efendi saat beraktivitas di rumah saat menjalani Ramadhan
Herman Efendi saat beraktivitas di rumah saat menjalani Ramadhan (IST)

Karena situasi dimana kita lebih banyak dirumah, menurut Herman untuk urusan rakyat, dirinya tidak pernah lupa akan itu, sebab duduk menjadi ketua DPRD Kabupaten Merangin ini berkat dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, urusan rakyat selalu akan diutamakan.

Selain fokus beribadah dan menjalankan tupoksi sebagai DPRD, hari-hari dirinya mengisi waktu untuk bercocok tanam dilahan yang tidak begitu luas disekitar rumah dinas ketua DPRD Kabupaten Merangin.

Memanfaatkan lahan pekarangan belakang rumah dinas, dirinya membuat kebun sayuran. Ada bayam, kangkung, kacang panjang, tomat dan sayuran lainnya.

Saat ini sayuran tersebut sudah mulai panen. Nah hasil panennya diberikan kepada masyarakat disekitar rumah dinas dan Masyarakat yang datang kerumahnya. (*)

Penulis: muzakkir
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved