Pergerakan Rupiah

Rupiah Berpeluang Menguat Kamis (14/5) Besok

Setelah berhasil ditutup menguat pada perdagangan abu (13/5), rupiah diproyeksikan akan kembali melanjutkan tren

Editor: Fifi Suryani
KONTAN/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi nilai tukar rupiah ke dolar 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Setelah berhasil ditutup menguat pada perdagangan abu (13/5), rupiah diproyeksikan akan kembali melanjutkan tren positif tersebut pada hari ini, Kamis(14/5). Rupiah di pasar spot berhasil menguat 0,27% ke level Rp14.865 per dolar Amerika Serikat (AS).

Penguatan juga terjadi di kurs tengah Bank Indonesia (BI) setelah rupiah berhasil naik 0,60% ke level Rp14.887 per dolar AS.
Analis Asia Valbury Futures Lukman Leong menyebut dengan masih berlanjutnya sentimen positif, maka rupiah akan kembali melanjutkan penguatan. Hal ini karena risk appetite investor yang cukup baik seiring dengan optimisme akan meredanya persebaran virus corona di beberapa negara.

“Sejauh ini belum terlihat sentimen yang mungkin menghambat laju positif aset berisiko seperti rupiah. Sementara dari segi teknikal rupiah juga masih menunjukkan indikasi penguatan,” ujar Lukman ketika dihubungi Kontan.co.id, Rabu (13/5).

Sementara ekonom Bank Mandiri Reny Eka Puteri juga berpendapat laju positif rupiah masih akan terus berlanjut. Hal ini seiring dengan rupiah yang saat ini terpantau masih undervalue dan indeks dolar yang masih sulit keluar dari tren penurunan.

“Dari dalam negeri, data trade balance kami prediksi masih akan surplus sehingga ini bisa jadi katalis positif bagi rupiah. Dari AS akan ada rilis data retail sales dan indeks produksi industri yang diproyeksikan negatif dan jika ternyata lebih rendah dari ekspektasi, akan menjadi pendorong penguatan rupiah,” jelas Reny.

Reny memproyeksikan rupiah besok akan bergerak di rentang Rp14.680 per dolar AS-Rp14.925 per dolar AS. Sementara Lukman menghitung rupiah akan berada di kisaran Rp14.700 per dolar AS-14.900 per dolar AS.

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: Kurs rupiah berpeluang menguat pada perdagangan Kamis (14/5)

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved