Ini Dia Foto Penampakan McDonalds Pertama di Indonesia Tahun 1991, Begini Nasibnya Sekarang

McDonald’s merupakan restoran fast food terbesar di dunia yang diawali pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi McDonalds drive-thru. 

TRIBUNJAMBI.COM - McDonald’s merupakan restoran fast food terbesar di dunia yang diawali pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat.

Dilansir dari situs resminya Mcdonalds.co.id, produk unggulan berupa Burger bernama Bigmac, McDonald’s hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia.

Mcd Sarinah, Restoran McDonald's pertama di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991.

Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, McDonald's juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia.

Pada awalnya, pemegang hak waralaba McDonald's di Indonesia adalah PT Bina Nusa Rama milik Bambang Rachmadi. Pada tanggal 3 Juni 2009, hak waralaba McDonald's di Indonesia diambil alih oleh PT Rekso Nasional Food, yang merupakan anak perusahaan Rekso Group, yang merupakan induk usaha perusahaan minuman ringan Sinar Sosro.

“Kami Harus Ngungsi di Mano?”, Luapan Sungai di Muarojambi Capai Lantai Rumah Panggung

Mahasiswa Tanjabbar di Mesir Butuh Bantuan, Ini Jawaban Sekda

Foto Mcdonald Pertama di Indonesia
Foto Mcdonald Pertama di Indonesia (https://mcdonalds.co.id/)

Pada tanggal 1 Oktober 2009, McDonald's berubah menjadi Tony Jack's Indonesia tetapi tidak seluruh gerai McDonald's.

Terdapat 13 gerai McDonald’s milik Bambang Rachmadi yang berubah antara lain berlokasi di Sarinah (Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading, Sunter, Bandung Indah Plaza, Plaza Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua, Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk. Sayang, keberadaan Tony Jack's Indonesia tidak berlangsung lama. Beberapa bulan kemudian, Tony Jack's Indonesia bangkrut dan diambil alih kembali oleh McDonald's.

Mcd Sarinahmenawarkan menu yang berbeda-beda di berbagai negara. Di Norwegia terdapat McLaks, yaitu sandwich salmon, di India terdapat Maharaja Macs dengan daging kambing dan McAloo Tikki burger untuk umat Hindu vegetarian.

PT Rekso Nasional Food (RNF) yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Jangan Lirik Saham CPO, Harga Minyak Sawit Diprediksi Bakal Melemah

Hingga saat ini PT.RNF telah membuka sekiranya lebih dari 200 gerai McDonald’s tersebar di berbagai kota di Indonesia yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Leonardus Yoga Wijanarko
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved