News Video

VIDEO : Pertumbuhan Ekonomi Hanya 2,97 Persen, Jokowi: Masih Bagus Dibanding Negara Lain

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan pertama 2020 masih lebih baik dibandingkan negara lain.

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan pertama 2020 masih lebih baik dibandingkan negara lain.

Untuk diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal pertama yakni hanya mencapai 2,97 persen.

Angka tersebut turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni sebesar 5,07 persen.

"Lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan di kuartal 4 2019 yang tumbuh 4,97 persen. walaupun hanya tumbuh 2,97 persen tapi dibandingkan dengan negara lain yang telah merilis angka pertumbuhannya kinerja ekonomi negara kita relatif masih baik," ujar Presiden dalam rapat, Rabu (6/5/2020).

Presiden mencontohkan sejumlah negara yang perekonomiannya terpukul akibat pandemi Corona.

China misalnya pertumbuhan ekonominya negatif 6,8 persen.

Dahlin Anzar Bongkar Rahasia Prabowo Subianto, Ternyata Diam-diam Menhan Merupakan Sobat Ambyar

VIDEO: BREAKING NEWS Pemerintah Izinkan Pesawat, Kapal Laut Kereta & Bus Beroperasi Lagi Mulai Besok

"Prancis, deltanya turun 6,25 persen, hongkong deltanya turun 5,90 persen, Spanyol deltanya turun 5,88 persen, dan Italia deltanya 4,95 persen tumbuh negatif," kata Presiden.

Bagaimana tidak menurut Presiden, pandemi Covid-19 menekan dua sisi ekonomi yakni suplai penawaran dan permintaan.

Dari sisi suplai penawaran misalnya indeks manufaktur Indonesia pada april 2020 mengalami kontraksi terdalam bila dibandingkan negara lainnya di Asean. Indonesia berada di level 27,5, lebih rendah dibandingkan Korea Selatan 41,6, malaysia 31,3 vietnam 32,7, filipina 31,6.

"Inii hati-hati mengenai indeks manufaktur Indonesia. agar juga dicarikan solusi dan jalan agar kontraksi ini bisa kita perbaiki," pungkasnya.

Halaman
12
Editor: budi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved