Breaking News:

Bukan Cuma Orangatua, Penyakit Jantung Juga Bisa Serang Anak Muda, Bisa Dicegah dengan Lakukan Ini

Masyarakat di Indonesia hari ini Selasa (05/05/2020) dikejutkan dengan kabar duka meninggalnya Seniman Didi Kempot, karena diduga karena jantung

Shutterstock
Ilustrasi serangan jantung 

TRIBUNJAMBI.COM - Masyarakat di Indonesia hari ini Selasa (05/05/2020) dikejutkan dengan kabar duka meninggalnya Seniman Didi Kempot, karena diduga karena serangan jantung.  

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia menjelaskan serangan jantung terjadi karena jantung gagal menyuplai darah ke otot jantung.

Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat. Seseorang akan berisiko terkena serangan jantung ketika menjadi perokok aktif, jarang berolahraga, dan mengkonsumsi alkohol.

Serangan jantung bisa muncul bila seseorang stres, depresi, tekanan emosi tidak stabil, menderita hipertensi, dan kolesterol berlebih.

Hipertensi, Diabetes & Jantung Jadi Penyakit Bawaan yang Bikin Pasien Covid-19 Meninggal

Presiden Joko Widodo Ungkap Belasungkawa atas Meninggalnya Maestro Campursari Didi Kempot

"Serangan jantung sangat berisiko untuk laki-laki yang memiliki riwayat keluarga terkena penyakit yang sama," kata dokter Santi.

Selain itu, seseorang yang menopause juga berisiko terkena serangan jantung.

Dokter Santi mengatakan sekitar 80 persen penyakit jantung bisa dicegah dengan cara Anda harus berhenti merokok dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

Kemudian, Anda wajib cek rutin kadar kolesterol, gula darah, tekanan darah, dan berat badan. Anda pun harus rutin berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang sehat, rendah gula, dan rendah garam, dan berserat tinggi.

Terakhir, Anda wajib mengelola stres. Anda sebaiknya memperkuat hubungan dengan pasangan dan keluarga serta banyak tertawa agar tidak mudah stres. 

Ilustrasi serangan jantung
Ilustrasi serangan jantung (independent.co.uk)

Bisa Serang Usia Muda

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved