Direktur PT Mutiara Graha Teknik Divonis Bersalah Dalam Kasus Mark Up Proyek Pengadaan LPJU

Cahyono dinyatakan bersalah dakam kasus korupsi markup pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) untuk Menererangi 102 jalan desa di Kabupaten...

Tribunjambi/Dedy Nurdin
Ketua majelis hakim Yandri Roni memimpin sidang online perkara pidana umum di Pengadilan Negeri Jambi, Selasa (31/3/2020). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Direktur PT Mutiara Graha Teknik, Cahyono Heri Prasetyo divonis satu tahun enam bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jambi dalam persidangan yang berlangsung Senin (4/5/2020).

Amar putusan terhadap terdakwa dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai Yandri Roni bersama dua hakim anggota yakni Morailam Purba dan hakim Amir Azwan pada persidangan yang digelar secara daring.

Selain menjatuhkan pidana penjara, majelis hakim juga menjatuhi terdakwa dengan pidana denda senilai Rp 100 juta subsidair satu bulan.

Efek Virus Corona, Konter Handphone di Jambi Mengalami Peningkatan Omzet

Wujudkan Tertib Berlalu Lintas dan Berkendaraan, Korem 042/Gapu Gelar Pemeriksaan Kendaraan

70 Dari 30 Tenaga Medis di Padang Panjang Positif Corona Setelah Kontak Dengan Ibu Hamil

"Menjatuhkan pidana oleh karena itu dengan pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan, serta denda Rp 100 juta," kata hakim Yandri Roni.

Cahyono dinyatakan bersalah dakam kasus korupsi markup pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) untuk Menererangi 102 jalan desa di Kabupaten Tebo yang berjumlah 601 unit.

Degan nilai anggaran Rp 3,6 miliar dengan anggaran bersumber dari dana BUMDes tahun 2017. Namun ada indikasi korupsi mark up anggaran dalam pekerjaan ini, hasil penghitungan BPKP Provinsi Jambi, nilai kerugian mencapai Rp 1,6 miliar.

Selain Cahyono, majelis hakim juga menghukum Suyadi, mantan Kepala Dinas PMD Kabupaten Tebo dengan pidana penjara selama tiga tahun dan enam bulan.

Denda Rp 100 juta subsidair satu bulan. Serta pidana pengganti kerugian negara senilai Rp 659 juta subsidair satu tahun penjara. (Dedy Nurdin)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved