Ramadan 2020

Ramadhan di Tengah Covid-19, Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Berpuasa, Ini Penjelasan Ahli

Imunitas tubuh penting untuk menghalau berbagai penyakit, juga virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

Ramadan 

TRIBUNJAMBI.COM – Di tengah pandemi global Covid-19, PSBB dan isolasi mandiri, Ramadhan 2020 ini masyarakat diimbau untuk tetap menjaga asupan makanan agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Dengan berpuasa, jam makan tentunya bergeser. Ahli menyebutkan muslim yang sedang berpuasa tidak perlu khawatir akan turunnya imunitas tubuh.

Hal itu diungkapkan oleh dr Hj Vivien Maryam Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital (sebelumnya RS Awal Bros) Tangerang.

Es Campur untuk Takjil Buka Puasa, Gampang Bikin Sendiri di Rumah

Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir, Bahasa Arab, Latin, Terjemahan Lengkap Dengan Doa Kamilin

“Pada dasarnya proses puasa adalah proses mengistirahatkan organ terutama organ pencernaan dan regenerasi sel yang dapat meningkatkan imunitas tubuh,” tutur Vivien dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Hal tersebut penting untuk pertahanan tubuh terhadap berbagai jenis virus atau kuman penyakit.

“Ketika berpuasa, kita dilarang makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Selama kurun waktu tersebut, sistem pencernaan diistirahatkan dan sel-sel tubuh mengalami regenerasi,” paparnya.

KABAR Baik dari WhatsApp, Kini Video Call Bisa Langsung dengan 8 Orang Sekaligus, Begini Caranya

Begini Cara Mengikuti Promo Telkomsel Berhadiah Voucher Pulsa Rp 100 Ribu

Saat berpuasa, lanjut Vivien, sistem pencernaan yang sebelumnya bekerja terus-menerus selama 11 bulan akan beristirahat.

Pada waktu istirahat tersebut, sel-sel tubuh akan memperbaiki diri.

Pada saat berpuasa, hematopoietik (proses pembentukan komponen sel darah) akan bekerja dengan cara mengeluarkan sel-sel imunitas tubuh lebih baik seperti sel limfosit T dan sel limfosit B untuk pertahanan tubuh.

Sel limfosit T dan sel limfosit B tersebut dapat menghasilkan antibodi untuk melawan berbagai virus atau kuman yang masuk.

Halaman
12
Editor: budi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved