Virus Corona di Jambi

330 Anak di Jambi Akan Terima Bantuan dari Kemensos, Dipercepat karena Covid-19

Sebanyak 330 anak di Provinsi Jambi akan menerima bantuan dari Kementerian Sosial melalui BRSAMPK Alyatama Jambi.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Virus Corona. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebanyak 330 anak di Provinsi Jambi akan menerima bantuan dari Kementerian Sosial melalui Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perhatian Khusus (BRSAMPK) Alyatama Jambi.

Kepala BRSAMPK Alyatama Jambi, Imron Rosadi menjelaskan, bantuan rehabilitasi sosial anak tersebut bertujuan untuk mendukung pemenuhan hidup layak anak. Selain itu juga mendukung kapabilitas sosial anak melalui pengasuhan anak, meningkatkan kapabilitas sosial keluarga melalui dukungan keluarga, melaksanakan terapi bagi anak dan atau keluarga.

"Nilai Bantuan Rehabiltasi Sosial Anak sebesar Rp 1 juta, yang terdiri dari Rp300 ribu untuk Bantuan Bertujuan (Bantu) anak dalam pemenuhan kebutuhan dasar, dan Rp700 ribu untuk kegiatan pengasuhan anak, dukungan keluarga, dan terapi," katanya, Rabu (22/4/2020).

Kena Dampak Covid-19, Polres Muarojambi Buat Program Bantu Ojek Pangkalan

Pulang Dari Zona Merah, Seorang Pria di Blora Mencoba Bunuh Diri Setelah Diusir Istri dan Warga

Anggota DPRD Muaro Jambi Jadi Terdakwa Korupsi Dana Bansos, Sidang Digelar Online

Imron menjelaskan, ada 2210 anak dari 11 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jambi yang diajukan untuk menerima bantuan. Tapi baru 330 orang anak dari lima kabupaten kota yang akan menerima bantuan tersebut.
Berdasarkan data yang diperoleh, bantuan tersebut akan disalurkan di Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, dan Kabupaten Kerinci.

Biasanya, ulas Imron, bantuan itu akan turun pada September hingga Oktober tiap tahun. Tapi untuk respon cepat penanganan Covid-19 ini, Mensos menginstruksikan realokasi dan percepatannya.

"Kami bekerja sama dengan BNI Cabang Jambi untuk buka rekening kolektif yang langsung masuk ke rekening masing-masing anak. Itu difasilitasi oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Taman Anak Sejahtera (TAS)," jelasnya.

Dia berharap, adanya dukungan keluarga dan masyarakat setempat untuk pendampingan terhadap anak-anak tersebut agar bisa memanfaatkan bantuan sesuai ketentuan. Di antaranya, pemenuhan kebutuhan dasar dan penguatan perawatan anak. Selain itu, anak juga mendapat bimbingan dan terapi rehabsos.

Untuk itu, setelah bantuan ini cair dan diterima, maka pihaknya akan melakukan supervisi dan pendampingan kepada LKSA, keluarga, dan anak.

"Terhadap bantuannya sendiri, akan dilakukan verifikasi dan validasi administrasi," tandasnya.

Untuk diketahui, tahun ini Kemensos menggelontorkan bantuan rehabilitasi anak sejumlah Rp 850 juta untuk empat provinsi di bawah naungan balai rehsos anak Alyatama. Dari jumlah tersebut, Provinsi Jambi mendapat Rp330 juta untuk disalurkan pada 330 anak.(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved