Berita Sungaipenuh

Pemkot Sungai Penuh Siapkan Dana Rp25 Miliar untuk Penanganan Covid-19, Bantu Beras 12 Kg/KK

Dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Sungai Penuh, Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh menyiapkan anggaran Rp25 milliar yang diambil dari APBD

Tribunjambi/Heru
Pemkot Sungai Penuh pakai armada Damkar untuk semprot disinfektan beberapa waktu lalu. Dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Sungai Penuh, Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh menyiapkan anggaran Rp25 milliar yang diambil dari APBD Kota Sungai Penuh. 

TRIBUNJAMBI.COM,SUNGAIPENUH - Dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Sungai Penuh, Pemerintah Kota (Pemkot) Sungai Penuh menyiapkan anggaran Rp25 milliar yang diambil dari APBD Kota Sungai Penuh.

Hal tersebut disampaikan M Rasyid, Jubir Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sungai Penuh, Senin (13/04/2020).

Dia mengatakan, pihaknya telah sepakat setelah melalui pembahasan sebesar Rp25 milliar untuk penanganan wabah Covid-19 di Kota Sungai Penuh.

"Anggaran Rp25 milliar tersebut tentu yang pertama di sektor kesehatan, ekonomi dan sosial. Anggaran ini dipergunakan ke tiga sektor ini," jelasnya.

Kerumunan saat Operasi Pasar di Kuala Tungkal Jadi Perhatian Tim Gugus Covid-19

Benarkah Setelah Sembuh Dari Virus Corona Fungsi Paru-paru Berkurang Hingga 30 Persen?

Secara Mengejutkan Sekjen PSSI Ratu Tisha Mengundurkan Diri, Siapa Penggantinya?

Dana Rp25 milliar ini diperoleh dari pergeseran beberapa kegiatan yang tidak mungkin dilaksanakan atau juga tidak efektif dilaksanakan selama masa tanggap darurat virus corona.

Kegiatan tersebut antara lain seperti perjalanan dinas dan biaya makan minum.

"Ada beberapa kegiatan yang digeser seperti kegiatan tidak mungkin efektif semisal perjalanan dinas, kegiatan kepelatihan, belanja modal ataupun keprotokolan yang tidak mungkin diselenggarakan selama masa Corona ini. Hasil ini akan kita laporkan ke Kemenkeu dan akan dijabarkan nantinya dalam Perwako" ungkapnya.

Jubir tim gugus tugas Covid-19 menyebut, implementasi dari realokasi anggaran ini akan secepatnya dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan dilakukan secara bertahap.

"Apabila dirincikan, maka tentu porsi realokasi anggaran ini sangat berfokus pada sektor kesehatan dan ekonomi masyarakat," tegasnya.

M Rasyid menyebutkan, untuk sektor kesehatan akan digunakan untuk pencegahan dan penanganan masyarakat yang terjangkit covid-19.

Sedangkan untuk ekonomi, Pemkot Sungai Penuh akan membantu masyarakat yang tidak bisa bekerja karena terdampak Covid-19.

"Untuk pemerintah pusat telah membantu Rp200 ribu per KK dan nanti Pemkot akan membantu Beras 12 kg/per KK," pungkasnya.(Tribunjambi.com/Heru Pitra)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved