Breaking News:

PSBB

Bank Indonesia Pastikan Layanan Bank Sentral Tetap Berjalan Normal saat Penerapan PSBB

Layanan Bank Indonesia (BI) dipastikan tetap berjalan di tengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Editor: Fifi Suryani
KONTAN/DANIEL PRABOWO
Bank Indonesia 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Layanan Bank Indonesia (BI) dipastikan tetap berjalan di tengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

PSBB yang ditetapkan oleh Pemerintah ini akan diberlakukan mulai Jumat (19/4) di Jakarta.

Sebelumnya, PSBB ini merupakan usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia.

Ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) no. 21 tahun 2020 serta Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) no. 9 tahun 2020.

"BI sebagai bank sentral Republik Indonesia, mendukung sepenuhnya keputusan Pemerintah tersebut dan bersama otoritas terkait akan tetap menyediakan layanan transaski keuangan dan transaksi pembayaran untuk kegiatan perekonomian masyarakat," tulis Direktur Esekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resminya, Rabu (8/4).

Bank Indonesia Sebut Inflasi Jambi Maret 2020 Terkendali

Layanan bank sentral yang tetap berjalan ini mengacu pada pasal 13 ayat 3 PMK yang menyebut bahwa BI, lembaga keuangan, serta perbankan diberi pengecualian peliburan tempat kerja karena termasuk kriteria kantor atau instansi dan kesehatan masyarakat.

Dalam melakukan operasional layanan dan melaksanakan tugas kritikal tersebut, BI tetap memperkuat pelaksanaan K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) bagi pegawai bank sentral dan mitra kerja.

Tak hanya itu, BI juga menerapkan mekanisme bekerja dari rumah atau work from home, serta bekerja dari beberapa lokasi yang tersebar (split operation).

"Dalam menjaga kelangsungan layanan dan tugas kritikal tersebut, BI juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan otoritas terkait lainnya, dalam hal pengaturan dan pemberian akses di lokasi operasional BI," tambah Onny.

Lebih lanjut, bank sentral juga mengatakan bahwa jadwal operasional layanan sistem pembayaran dan pengelolaan rupiah tetap tidak berubah.

Mitigasi Penyebaran COVID-19, Bank Indonesia Terapkan Aspek K3

Layanan yang dimaksud berupa Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), Layanan Operasional Kas, Transaksi Operasi Moneter Rupiah dan Valas, serta layanan transaksi keuangan Pemerintah.

Untuk ke depan, BI akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi dengan pemerintah, otoritas jasa keuangan (OJK), dan otoritas terkait untuk menempuh langkah kolektif dalam mencegah dan memitigasi implikasi penyebaran virus ini.

Cegah Virus Corona, Bank Indonesia Akan Karantina Uang Setoran Bank dan Uang Baru Selama 14 Hari

"Selain itu, BI juga akan memastikan pelaksanaan tugas berjalan secara optimal. Dengan demikian, kegiatan ekonomi dan keuangan nasional dapat tetap terselenggara dengan baik," tandas Onny.

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id dengan judul: Ada penerapan PSBB, BI pastikan layanan bank sentral tetap berjalan normal

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved