Per 1 April Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merangin menyetop sementara pendaftaran atau permohonan pendaftaran akad nikah

Dok. The Palace
Ilustrasi 

Per 1 April Kemenag Stop Pendaftaran Nikah

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merangin menyetop sementara pendaftaran atau permohonan pendaftaran akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Penyetopan pendaftaran sesuai instruksi pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Merangin H Marwan Hasan.

"Per 1 April kita tidak lagi membuka permohonan pendaftaran pernikahan di KUA," kata Marwan.

Marwan menyebut, dirinya belum tahu kapan akan dibuka secara normal kembali, yang pasti akan dilakukan setelah virus corona menghilang.

Bagi calon pengantin yang sudah mendaftar di KUA sebelum 1 April lalu, bisa melakukan akad nikah di kantor KUA saja, tidak dilakukan di rumah. "Kita menghindari kerumunan keluarga. kalau di rumah sudah pasti banyak yang hadir dalam pelaksanaan akad nikah tetapi kalau di kantor tamunya terbatas," kata Marwan.

Selama isu corona ini merebak, jumlah pengajuan atau permohonan akad nikah turun drastis dari pada sebelumnya. "Yang jelas berkurang, sebab mau nikah tidak bisa resepsi sementara pernikahan ini merupakan acara sakral tentunya keluarga mau mengadakan acara yang besar tapi karena corona ini acara tidak bisa dilakukan. Yang bisa hanya akan nikah itu pun di KUA saja tidak di rumah," imbuhnya. (zak)

Penulis: muzakkir
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved