Jika Terdampak Virus Corona, Nasabah KUR Dapat Penundaan Pembayaran Angsuran Selama 6 Bulan

Penundaan pembayaran anguran pokok dan bunga KUR selama enam bulan itu merupakan bagian dari stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha.

ANTARA FOTO/TERESIA MAY
Teller Bank BRI 

TRIBUNJAMBI.COM - Pemerintah mengeluarkan kebijakan penundaan angsuran bagi nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) selama enam bulan.

Penundaan angsuran itu meliputi pokok dan bunga pinjaman.

"Penundaan pembayaran pokok dan bunga untuk semua skema KUR yang terdampak Covid-19 selama 6 bulan, " kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jumpa pers di Istana Bogor, Selasa (31/3/2020), dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Rabu (1/4/2020).

Penundaan pembayaran anguran pokok dan bunga KUR selama enam bulan itu merupakan bagian dari stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Instagram @sekretariat.kabinet)

Selain penundaan pembayaran angsuran KUR, stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha yakni penggratisan PPh 21 untuk para pekerja sektor industri pengolahan penghasil maksimal Rp 200 juta, pembebasan PPN impor untuk wajib pajak kemudahan impor tujuan ekspor, terutama ini untuk industri kecil dan menengah pada 19 sektor tertentu, pengurangan tarif PPh sebesar 25 persen untuk wajib pajak kemudahan impor tujuan ekspor, terutama industri kecil menengah pada sektor tertentu.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengeluarkan sejumlah kebijakan lainnya berupa perlindungan sosial meliputi penggratisan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450 VA dan diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA.

Program lainnya yakni menaikkan jumlah penerimaa maanfaat PKH dari 9,2 juta menjadi 10 juta, Kartu Sembako dinaikkan dari 15,2 juta orang menjadi 20 juta penerima, Kartu Prakerja dinaikkan anggarannya dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun untuk bisa meng-cover sekitar 5,6 juta orang yang terkena PHK, pekerja informal, pelaku usaha mikro dan kecil.

Daftar Bank & Leasing yang Sudah Konfirmasi Pemberian Keringanan Cicilan atau Kredit, Catat Syarat

Bagaimana Cara Mendapatkan Gratiskan Tarif Listrik 450 VA 3 Bulan & Diskon 50% untuk 900 VA

Penundaan Pembayaran Kredit Leasing

Penundaan anguran kredit juga tak terbatas untuk KUR.

Orotitas Jasa Keuangan (OJK) juga menerbitkan beberapa kebijakan, yaitu keringanan dan/atau penundaan pembayaran kredit atau leasing sampai dengan Rp10 miliar termasuk untuk UMKM dan pekerja informal maksimal 1 tahun, serta memberikan keringanan dan/atau penundaan pembayaran kredit atau leasing tanpa batasan plafon sesuai dengan kemampuan bayar debitur dan disepakati dengan bank atau lembaga leasing.

Halaman
123
Editor: suci
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved