Beri Perhatian Khusus, Cek Endra Bangun Puluhan Rumah untuk Suku Anak Dalam

Bupati Sarolangun yang juga Calon Gubernur (Cagub) Jambi H. Cek Endra, memberikan perhatian khusus bagi pemberdayaan Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di

Istimewa
Beri Perhatian Khusus, Cek Endra Bangun Puluhan Rumah untuk Suku Anak Dalam 

Bupati Sarolangun yang juga Calon Gubernur (Cagub) Jambi H. Cek Endra, memberikan perhatian khusus bagi pemberdayaan Suku Anak Dalam (SAD) yang ada di Sarolangun. Di antaranya dengan membangun 57 unit rumah bagi SAD. Rumah tersebut dibangun bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Semua bangunan rumah tersebut dibangun di Desa Bukit Jering, Kec. Air Hitam, Kab. Sarolangun. Diketahui bahwa desa tersebut berada di kaki Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) yang dijadikan kawasan terpadu SAD.

"Tujuannya untuk memberikan dan menampung ruang hidup yang layak bagi Suku Anak Dalam," kata Cek Endra.

Pada kawasan tersebut, bukan hanya bangunan rumah saja yang disediakan. Melainkan segala kebutuhan hidup SAD juga dipenuhi.

Di kawasan yang memiliki luas sekitar 10 ha itu, juga dibangun Puskesmas Pembantu dan juga dibangun sekolah di kawasan tersebut. Serta pendopo bagi ruang berkumpul dan rapat suku bagi SAD pun sudah siap dipergunakan.

Untuk pendidikan, nantinya Cek Endra akan bekerja sama dengan beberapa pesantren yang ada. Bahkan Cek Endra telah mendatangkan pengajar dari Yayasan As Syofa yang berasal dari Jawa Timur.

"Ini semua kita lakukan sebagai salah satu bentuk komitmen pemerintah guna memberi kesempatan bagi SAD agar berkembang dan berdaya untuk penyetaraan kehidupan sosial dan ekonomi bagi SAD," tambah Cek Endra.

Selain itu, agar SAD bisa hidup menetap di kawasan terpadu tersebut, Cek Endra telah memberikan pelatihan bagi SAD. Pelatihan tersebut berupa cara bercocok tanam, berkebun, hingga memberdayakan kolam ikan. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memberikan alternatif kehidupan lain.

"Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah memberikan perhatian lebih kepada SAD, baik bidang pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan," pungkasnya.(adv)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved