Kondisi Pasien Positif Corona

Viral di Sosmed Petugas Puskesmas Pematang Kandis Merangin Periksa TKW dengan Jas Hujan

Kepala Puskesmas Pematang Kandis dr Sepheleo ketika dikonfirmasi membenarkan jika petugas yang memakai jas hujan tersebut merupakan petugas dari...

Tribunjambi/Muzakkir
Viral, foto-foto petugas Puskesmas Pematang Kandis Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Foto-foto petugas Puskesmas Pematang Kandis yang tengah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terbuat dari jas hujan viral di media sosial Facebook. 

Foto-foto itu merupakan foto tim medis yang tengah memeriksa kesehatan seorang TKW yang baru pulang dari Singapura di kediamannya di RT 36 Lingkungan Mensawang, Kelurahan Dusun Bangko, Sabtu (28/3/2020) sore.

Dalam foto yang diunggah oleh akun Damsir Karim tersebut, terlihat jelas bahwa petugas hanya menggunakan jas hujan sepatu bot kacamata renang sarung tangan biasa dan perlengkapan alakadar lainnya.

Tak sampai 1 jam, postingan tersebut dibanjiri banyak komentar. Komentar yang masuk beragam ada yang menyalahkan pemerintah karena tidak tanggap.

Apakah Sebenarnya Remdesivir? Obat Covid-19 Terbaru yang Diujicobakan ke Malaysia

Pemkab Sarolangun Tambah Libur Sekolah Hingga 5 April

Universitas Jambi Bentuk Satgas Penanggulangan Covid-19, Kampus Bakal Diguyur Disinfektan

Ada juga yang mendukung pemerintah dan memberikan semangat kepada tim kesehatan agar terhindar dari penyakit Corona yang membahayakan tersebut.

Kepala Puskesmas Pematang Kandis dr Sepheleo ketika dikonfirmasi membenarkan jika petugas yang memakai jas hujan tersebut merupakan petugas dari Puskesmas Pematang Kandis.

“Betul sekali. tapi apa boleh buat menunggu APD itu belum jelas. Sementara masyarakat melapor dan kami harus turun melakukan pemeriksaan dengan cepat. Sementara saya sendiri tidak pakai jas hujan. Yang penting petugas/staf medis yang utama,” kata Sepheleo, Minggu (29/3/2020).

Dia juga menyampaikan semua yang dikerjakan untuk melaksanakan tugas melayani masyarakat dari kecemasan, apalagi mobilisasi yang terjadi di masyarakat susah di bendung terkait wabah virus corona di Merangin.

“Kami dari Puskesmas Pematang Kandis berada di pusat Kota Bangko secara geografis mau tidak mau harus pro aktif. Meskipun saya hanya pakai baju kaos itu resiko buat saya dan resiko pekerjaan,” imbuhnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara yang bersangkutan dalam posisi aman dan belum ada tanda-tanda mencurigakan ke arah positif Corona.

“Saya minta yang bersangkutan untuk diam dan tetap dalam rumah saja. Pihak keluarga juga kooperatif menerima saran. Semoga aman dan tidak terjadi hal yang dikhawatirkan masyarakat,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin Abdaei yang dikonfirmasi belum lama ini menyebut jika untuk sementara APD di Kabupaten Merangin belum memadai. Ada APD, namun hanya diperuntukkan bagi Rumah Sakit Kolonel Abunjani Bangko saja.

"Untuk puskesmas memang belum ada," kata Abdaei.

(Tribunjambi.com/ Muzakkir)

Penulis: muzakkir
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved