Wabah Corona

Hanya 5 Menit! Ilmuwan Singapura Ciptakan Alat Tes Covid-19 Tercepat di Dunia

Tim Ilmuwan di Singapura berhasil menciptakan alat uji virus corona.Tim dipimpin oleh Profesor Jackie Ying, yang mengepalai

STR / AFP
Ilustrasi penanganan pasien corona. 

TRIBUNJAMBI.COM, SINGAPURA - Tim Ilmuwan di Singapura berhasil menciptakan alat uji virus corona.  

Tim dipimpin oleh Profesor Jackie Ying, yang mengepalai Lab NanoBio di perusahaan  sains, teknologi, dan penelitian bernama A*Star.

Alat uji virus ini hanya butuh waktu 5 menit untuk melakukan pengujian.

Jika penggunaan alat tes ini mendapat persetujuan dari pihak berwenang, nantinya akan menjadi tes Covid-19 tercepat di dunia.

Corona Tak Melulu Berdampak Negatif, Ini Sejumlah Kabar Baik Seiring Mewabahnya Covid-19

Dilansir dari The Straits Times, tim peneliti ini berharap persetujuan bisa mereka dapatkan dalam waktu satu bulan.

Tes ini mencari bahan genetik virus dalam sekresi pasien yang dikumpulkan dari uji swab (tenggorokan). Sampel ini lalu dimasukkan ke dalam perangkat portabel yang akan mengeluarkan hasil sekitar 5-10 menit.

Metode amplifikasi yang sangat cepat ini mereka beri nama "Cepat". "Kami telah melakukan beberapa validasi klinis awal di Rumah Sakit Ibu dan Anak KK memakai sampel pasien nyata, dan menemukan tes itu sangat sensitif dan akurat," kata Prof Ying dikutip dari Straits Times.

Dewan Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Serukan agar Jokowi Segera Berlakukan Lockdown

Setelah disetujui, teknologinya bisa digunakan untuk membuat alat semacam itu di rumah sakit. "Alat ini juga akan diadaptasi untuk digunakan di klinik dokter umum," kata Prof Ying.

Profesor perempuan dan timnya ini termasuk para peneliti di seluruh dunia yang berlomba menciptakan alat uji virus corona tercepat dan paling akurat, tanpa menggunakan mesin mahal.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menekankan kebutuhan untuk terus melakukan pengujian, agar bisa lebih cepat mendeteksi kasus dan segera diisolasi, sebelum dia menularkan ke lebih banyak orang.

10 Persen Pasien Corona yang Sembuh di Wuhan, Kembali ke RS Karena Positif Lagi 

Beberapa negara bisa melakukan tes secara luas, tapi ada juga yang kekurangan alat uji seperti Amerika Serikat (AS) contohnya.

Prof Ying mengatakan dia dan timnya telah bekerja tanpa lelah selama enam minggu terakhir untuk menciptakan alat tes ini. Mereka mulai membuatnya atas instruksi Kepala Eksekutif A*Star Frederick Chew, untuk menciptakan alat tes cepat Covid-19.

Dokter Spanyol dan Italia Terpaksa Memilih Pasien Muda untuk Diselamatkan

Sebelumnya, A*Star juga sudah mengembangkan alat tes PCR untuk digunakan di Singapura dan luar negeri. Produksi alat tersebut kemudian diserahkan ke perusahaan lokal MiRXES untuk diproduksi secara massal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Ilmuwan Singapura Ciptakan Alat Uji Covid-19 Tercepat, Hanya 5 Menit

Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved