Berita Kerinci

23 Ribu Petani di Kerinci Terima Kartu Tani, Ini Kegunaannya

“Dengan adanya kartu tani nantinya para petani bisa mudah mendapatkan pupuk subsidi di kios pupuk yang telah ditentukan serta pendistribusian pupuk...

23 Ribu Petani di Kerinci Terima Kartu Tani, Ini Kegunaannya

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Sebanyak 23 ribu petani di Kabupaten Kerinci diberikan kartu tani.

Penyerahan melalui kelompok tani itu, dilakukan pada acara sosialisasi kredit usaha rakyat (KUR) dan asuransi usaha tanaman padi (AUTP), Rabu (11/03/2020).

Bertempat di aula kantor Bupati Kerinci, penyerahan kartu tani dihadiri oleh pimpinan perusahaan Petrokimia Provinsi Jambi, penyuluh pertanian lingkup Kabupaten Kerinci, perwakilan kelompok tani kecamatan dan desa.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci, Radium Kharlis, mengatakan, dengan adanya kartu tani dapat mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi di kios pupuk yang telah ditentukan.

Kartu tani juga mempermudah dalam pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi.

“Dengan adanya kartu tani nantinya para petani bisa mudah mendapatkan pupuk subsidi di kios pupuk yang telah ditentukan serta pendistribusian pupuk bersubsidi ke petani bisa lebih terkontrol," ucapnya.

10.680 Orang di Tanjabbar Jadi Peserta PKH, yang Belum Terima Bisa Ajukan ke Sini

Sumber Penularan Virus Corona Terhadap Pasien ke 27 Masih Misterius, 1 Pasien Meninggal Dunia

Sementara itu Bupati Kerinci, Adi Rozal mengungkapkan, selain mempermudah petani mendapat pupuk subsidi.

Kartu tani juga bisa membatu petani untuk meminjam tambahan modal melalui kredit usaha rakyat.

Dimana pemerintah Kabupaten Kerinci telah menganggarkan Rp 17 miliar untuk tahun 2020.

Dan bagi petani yang mendapat kartu tani, bisa mengajukan pinjaman ke perbankan yang telah bekerjasama dengan pemkab tanpa adanya agunan (jaminan), karena telah dijamin oleh pemerintah dengan jumlah di bawah Rp 50 juta.

"Kartu tani juga bisa digunakan para petani untuk meminjamkan modal ke pihak perbankan yang telah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten. Tentu sesuai dengan data yang terdaftar di kartu tani dengan jumlah penjaman dibawah Rp 50 juta,” jelas Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci juga mengimbau kepada petani yang menerima kartu tani untuk dapat menggunakan kartu taninya sebaik-baik mungkin.

Diketahui jumlah penerima kartu tani di Kabupaten Kerinci sebanyak 23 ribu petani yang terdaftar di kelompok tani dalam 16 kecamatan dalam Kabupaten Kerinci.

(Tribunjambi.com/Heru Pitra)

Penulis: heru
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved