Verifikasi Administrasi Gerus Dukungan Romi-Robby, Seribuan Dukungan Tak Penuhi Syarat

Proses verifikasi administrasi yang dilakukan KPU Tanjung Jabung Timur kembali gerus dukungan bakal calon perseorangan, Romi-Robby.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Romi Haryanto dan Robi menyerahkan dukungan ke KPU, pasangan petahana ini maju lewat jalur independen di Pilkada Tanjab Timur 2020. 

Verifikasi Administrasi Gerus Dukungan Romi-Robby, Seribuan Dukungan Tak Penuhi Syarat

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Proses verifikasi administrasi yang dilakukan KPU Tanjung Jabung Timur kembali gerus dukungan bakal calon perseorangan, Romi Haryanto-Robby Nahliansyah.

KPU Tanjung Jabung Timur sudah menyelesaikan verifikasi administrasi untuk berkas dukungan calon perseorangan Romi Haryanto dan Robby Nahliyansah.

Awalnya pasangan Incumbent ini menyerahkan dukungan sebanyak 30.203 pada saat pendaftaran. Setelah dilakukan proses verifikasi kelengkapan sehingga menyisakan 29.092 dukungan saja. Dan saat ini pihak KPU melanjutkan proses verifikasi administrasi.

Nurkholis, ketua KPU Tanjabtim kepada Tribun menjelaskan bahwa proses verifikasi tersebut untuk memeriksa kelengkapan administrasi dukungan yang diserahkan.

Enam Pejabat Jambi Berebut Jabatan Sekda, Ini Daftar Namanya

Tiga Diduga Bandar Narkoba Tebo Ditangkap, Satu Pelaku Sempat Melawan Polisi

Ratusan Pelanggan di Desa Sekernan Diputus PDAM, Kades Berharap Ada Solusi

"Verifikasi administrasi ini untuk memeriksa kelengkapan administrasi dukungan yang diberikan," ujarnya, Selasa (10/3/2020).

Kelengkapan yang diperiksa yakni kelengkapan pengisian formulir B1 KWK. Seperti melengkapi nama, nomor NIK, kesesuaian antara nomor NIK dengan FC e-KTP yang dilampirkan. Memeriksa kesesuaian alamat dalam formulir dan FC e-KTP.

Dari verifikasi tersebut, pihak KPU Tanjabtim masih menemukan administrasi dukungan yang dianggap tidak memenuhi syarat (TMS). Sedangkan yang memenuhi syarat tersisa menjadi 27.432 dukungan.

"Sisanya sebanyak 1.660 dukungan dinyatakan TMS," ujar Nurkholis.

Ketua KPU Tanjabtim ini menerangkan bahwa untuk dukungan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) itu, yang pasti karena ada elemen yang tidak terpenuhi.

"Contohnya adalah alamat yang tidak terisi di formulir B1-KWK (formulir dukungan)," katanya.

Sementara itu, Yunanto Achmad, komisioner Bawaslu Tanjabtim ketika dikonfirmasi juga mengakui bila dukungan terhadap Romi-Robby yang MS sebanyak 27.432 dukungan.

"Dari 29.092 dukungan, yang memenuhi syarat administrasi 27.432 dukungan,"ujarnya.

Untuk selanjutnya mereka akan terus melakukan pengawasan melekat terhadap proses verifikasi yang akan dilakukan pihak KPU Tanjabtim. (Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved