Kemenlu Kaji Arab Saudi Hentikan Umroh ke Mekkah dan Madinah, Diduga Jemaah Indonesia Tak Termasuk

Visa turis dari negara dimana COVID-19 tengah merebak, sementara waktu ditangguhkan untuk ibadah umrah.

Kemenlu Kaji Arab Saudi Hentikan Umroh ke Mekkah dan Madinah, Diduga Jemaah Indonesia Tak Termasuk
Tribun Travel/Sinta Agustina
Suasana di Madinah. Toko oleh-oleh di sekitar Masjid Quba yang berlokasi di kawasan Hejaz, Madinah, Arab Saudi. 

Kemenlu Kaji Arab Saudi Hentikan Umroh ke Mekkah dan Madinah, Diduga Indonesia Tak Termasuk

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi baru saja mengeluarkan pengumuman penangguhan pelaksanaan umrah di Mekah serta kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah untuk sementara waktu.

Langkah itu diambil untuk mencegah penyebaran wabah corona virus atau COVID-19 yang belakangan meluas hingga ke Timur Tengah dan untuk mencegah wabah masuk ke wilayah kerajaan.

Merespon hal tersebut, Kementerian Luar Negeri RI masih akan mendalami lebih lanjut karena berdasarkan sumber-sumber terbuka kebijakan tersebut ditujukan bagi warga negara yang negaranya terdampak virus yang telah menewaskan lebih dari 2000 jiwa.

"(Masih) akan didalami lebih lanjut. Kalau dari sumber-sumber terbuka kebijakan ini lebih ditujukan bagi warga negara yg negaranya terdampak," ujar Teuku Faizasyah saat dihubungi, Kamis (27/2/2020).

Sedih Lihat Kondisi Istri & Anak Tersangka Tragedi SMPN 1 Turi Di-bully hingga Kondisi Begini

Supir Truk Lari ke Semak-semak Ketakutan Dirazia Polisi, Ternyata Karena Narkoba

Daftar Pemenang Billboard Indonesia Music Awards 2020, Marion Jola Gondol Dua Penghargaan

Sebelumnya diberitakan Kementerian luar negeri (Kemlu) Arab Saudi lewat twitternya berbahasa Inggis, Rabu (26/2/2020), mengeluarkan pernyataan tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Visa turis dari negara di mana COVID-19 tengah merebak, sementara waktu ditangguhkan untuk ibadah umrah.

Kebijakan penangguhan juga diberlakukan bagi mereka yang ingin bepergian dari dan menuju ke negara kerajaan itu dengan menggunakan kartu identitas nasional.

Pemerintah Arab Saudi memberikan pengecualian kepada warga Arab Saudi yang sedang berada di luar negeri, yang ketika meninggalkan negara itu menggunakan kartu identitas nasional.

Begitu pula warga negara-negara Dewan Kerjasama Teluk yang masuk ke Arab Saudi dengan menggunakan kartu identitas nasional dan kini ingin kembali ke negara masing-masing, masih diperbolehkan untuk memasuki wilayah negara pengekspor minyak tersebut.

Arab Saudi, dalam keterangannya di twitter juga menegaskan bahwa prosedur ini bersifat sementara dan akan kembali dievaluasi oleh pihak berwenang.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi juga menyerukan kepada warga negaranya untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana wabah virus korona saat ini sedang meluas.

Detik - detik Warga Cakung Serbu AEON Mall

FOLLOW INSTAGRAM TRIBUN JAMBI:

.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Indonesia Kaji keputusan Saudi Tangguhkan Perjalanan Ibadah Umroh ke Tanah Suci

Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved