Jambi Rawan Bencana, Bupati Kerinci Dampingi Gubernur Simulasi Penyelamatan Pengungsi

Pemerintah Provinsi Jambi mengelar latihan gabungan penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi tahun 2020.

Jambi Rawan Bencana, Bupati Kerinci Dampingi Gubernur Simulasi Penyelamatan Pengungsi
Tribunjambi/Heru
Pemerintah Provinsi Jambi mengelar latihan gabungan penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi tahun 2020. 

Jambi Rawan Bencana, Bupati Kerinci Dampingi Gubernur Simulasi Penyelamatan Pengungsi

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pemerintah Provinsi Jambi mengelar latihan gabungan penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi tahun 2020. Acara tersebut dipusatkan di lapangan PTPN VI, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Kamis (27/2/2020).

Turut hadir Gubernur Jambi, Fahrori Umar, Bupati Kerinci Adirozal, Wabup Ami Taher, Kapolda, Danrem, DPRD Kerinci, Dandim 0417 Kerinci, Kapolres Kerinci, Forkompinda, OPD, seluruh BPBD Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, Damkar, Tagana, anggota Pramuka, Camat, serta seluruh para undangan lainnya.

Gubernur Jambi, Fahrori Umar pada acara tersebut juga langsung menjadi Inspektur upacara latihan gabungan penyelamatan evakuasi dan penanganan pengungsi tahun 2020.

BREAKING NEWS KM First Star Terbakar di Perairan Tanjabtim, Kaki Riski Ikut Terbakar

Hakim Cabut Hak Politik Tiga Mantan DPRD Provinsi Jambi Ini, Gara-gara Suap Ketuk Palu

Diduga Sopir Ngantuk, Truk Batu Bara Terguling di Jalan Lintas Sumatera Mendalo

Gubernur Jambi, Fahrori Umar Dikesempatan itu mengucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci sebagai tuan rumah dalam acara ini. Semoga kegiatan ini, berdampak positif dalam upaya mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana di Provinsi Jambi.

Dijelaskannya, bahwa sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, dimana seluruh instansi pusat dan daerah harus bersinergi meningkatkan kesiapsiagaan.

"Gubernur dan Bupati, harus menyusun sarana dan prasarana kesiapsiagaan. Karena penanggulangan bencana, menjadi urusan kita bersama," tegasnya.

Diakuinya, Provinsi Jambi berada di daerah rawan bencana, baik faktor alam maupun non alam. Dan juga perlu diketahui, kejadian dan dampak bencana selalu meningkat dari tahun ke tahun.

"Sehingga, kita dituntut harus mampu mengantisipasi, menganalisis dan mengambil pencegahan dan dapat mengurangi dampak risiko suatu bencana," ucap Gubernur.

Dikatakan orang nomor satu di Provinsi Jambi ini, bahwa sebagai salah satu kesiapsiagaan dalam menghadapi segala kemungkinan bencana, dirinya memandang acara ini sangat penting, maka harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.

"Harapan, dengan adanya kegiatan ini agar dapat memberikan konstribusi nyata dalam penanggulangan bencana, sehingga mewujudkan Jambi yang lebih tertib, tangguh, unggul, nyaman, adil dan sejahtera," pungkasnya.

Sementara itu Bupati Kerinci, Adirozal, dikonfirmasi menyambut baik kegiatan latihan gabungan penyelamatan evakuasi dan penanganan pengungsi Tahun 2020. Latihan gabungan ini bertujuan, untuk mempersiapkan para relawan kebencanaan, baik sebelum maupun saat terjadi bencana agar siap melaksanakan langkah-langkah untuk mengatasi bencana yang terjadi.

Setelah pelatihan ini sambungnya, diharapkan para relawan segera tanggap dan cepat merespon.

"Bahkan sebelum terjadinya bencana para relawan sudah bisa memetakan potensi bencana di masing-masing wilayah agar tidak timbul banyak korban nyawa maupun harta," tegas Bupati.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved