Kontak Senjata TNI vs KKB Papua Terjadi Lagi Selasa (18/2), Melarikan Diri ke Jurang & Semak-semak

"Saat pembersihan tim menemukan beberapa barang bukti antara lain satu mayat laki-laki bernama Meki Tipagau (18 tahun)," kata Eko.

Editor: Suci Rahayu PK
istimewa
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua 

Kontak Senjata TNI vs KKB Papua Terjadi Lagi Selasa (18/2), Melarikan Diri ke Jurang & Semak-semak

TRIBUNJAMBI.COM, JAYAPURA - Kontak senjata antara aparat gabungan TNI/Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (18/02/2020).

Kontak tembak tersebut terjadi sekitar pukul 07.20 WIT di sekitar Kampung Gulanggama dan Japaro Komplek.

"Kejadian itu berlangsung pada saat Tim Gabungan Satgas Gakkum TNI/Polri melaksanakan patroli keamanan melihat kelompok kriminal separatis bersenjata di sekitar Kampung Gulanggama Komplek dengan membawa 2 pucuk senjata," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto, melalui rilis, Rabu (19/2/2020).

Pada saat pengejaran terjadi kontak tembak dan KKB melarikan diri ke jurang dan semak-semak ke arah Ugimba.

Kronologi Kalah Baku Tembak Dengan Tentara, KKB Papua Justru Bunuh Anak Kecil

Di ILC, MUI Muhammadiyah Bela Yudian soal Agama Musuh Besar Pancasila, Ali Ngabalin Salahkan NU

Eko menyebut, setelah itu tim gabungan melaksanakan pembersihan sektor kontak tembak.

"Saat pembersihan tim menemukan beberapa barang bukti antara lain satu mayat laki-laki bernama Meki Tipagau (18 tahun)," kata Eko.

Ia menegaskan, Meki Tipagau dilumpuhkan karena saat kontak tembak membawa 1 pucuk senjata. Namun, dari keterangan saksi mata di lokasi kejadian, senjata yang sebelumnya dipegang Meki Tipagau telah dobawa lari oleh anggota KKB lainnya.

Eko mengakui, dari kontak senjata tersebut, mengakibatkan seorang warga sipil bernama Kina Sani (14) mengalami luka tembak di bagian kaki kiri.

Korban diperkirakan terkena tembakan rekoset munisi dari KKB yang melepaskan tembakan membabi buta dari posisi bawah lembah.

Barang bukti lain yang didapat tim gabungan di antaranya 1 unit laptop, unit 1 ponsel, 1 unit HT, 2 pucuk senjata rakitan, 1 unit mesin fax, 1 buah busur panah dan beberapa anak panah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kontak Senjata Terjadi di Intan Jaya, Seorang KKB Tewas Tertembak", https://regional.kompas.com/read/2020/02/19/10152531/kontak-senjata-terjadi-di-intan-jaya-seorang-kkb-tewas-tertembak.
Penulis : Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi
Editor : Robertus Belarminus

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved