Berita Batanghari

USBN Diganti US, Ini Aturan dan Persiapan Disdikbud Batanghari untuk Pelaksanaannya

USBN Diganti US, Ini Aturan dan Persiapan Disdikbud Batanghari untuk Pelaksanaannya

TRIBUNJAMBI/KURNIA PRASTOWO ADI
Ilustrasi Siswa SD di Kota Jambi mengikuti ujian sekolah, Senin (19/5) 

USBN Diganti US, Ini Aturan dan Persiapan Disdikbud Batanghari untuk Pelaksanaannya

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Ujian Akhir Berbasis Nasional (USBN) resmi diganti menjadi Ujian Sekolah (US) pada tahun ajaran 2019 - 2020.

Perubahan ini dilakukan pasca dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 43 tahun 2019.

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batanghari, Irsil Syarif mengatakan, dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut, US lah yang menentukan kelulusan.

2020 USBN Tingkat SD Sederajat Dihapuskan

Doa Agar Lancar Kerjakan Soal Ujian USBN SD & UNBK SMP, Mulai Senin 22 April 2019

Penyakit Misterius Menyerang, Ratusan Pohon Duku di Kumpeh, Muarojambi, Mati Mendadak

"US merupakan domain sekolah. Sekolah diberi kewengan penuh menulis soal sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah berlaku," kata Irsil, Selasa (18/2/2020).

Untuk mempersiapkan US tersebut, pihaknya sudah melaksanakan pelatihan pada awal tahun ini.

Menurut Irsil, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan pelatihan terhadap guru SD dan SMP yang diikuti oleh 52 guru SD negeri/swasta dan 60 guru SMP negeri/swasta.

"Dalam pelatihan yang telah selesai guru diajarkan bagaimana teknik penulisan soal. Soal-soal Hots, analisi butir-butir soal dan penilaian," katanya lagi.

Namun, lanjut Irsil, pada US yang akan diselenggarakan sekolah ini, Permendikbud mengeluarkan edaran nomor 1 tahun 2020 pada poin C bahwa satuan pendidikan yang belum siap membuat soal ujian sekolah dapat membuat bahan penilaian (tes tertulis, tugas/bentuk tugas lainya).

"Yang diperoleh berbagai sumber seperti soal yang dibuat Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)," lanjutnya.

Berdasarkan data dari Disdikbud Kabupatem Batanghari pada tahun ini, total siswa yang akan mengikuti US ditingkat SD negeri sebanyak 5.230 sekolah sedangkan SMP negeri sebanyak kurang lebih 3.150 sekolah.

USBN Diganti US, Ini Aturan dan Persiapan Disdikbud Batanghari untuk Pelaksanaannya (Tribunjambi.com/Rian Aidilfi Afriandi)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved