Info Terkini Pemprov Jambi

Fachrori Ajak Semua Unsur Pemerintahan dan Masyarakat Jambi, Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Partisipasi masyarakat untuk mengisi data secara mandiri pada SP Online mulai 15 Februari 2020, menjadi kunci keberhasilan SP2020 tahap pertama.

Fachrori Ajak Semua Unsur Pemerintahan dan Masyarakat Jambi, Sukseskan Sensus Penduduk 2020
dok
Fachrori Ajak semua warga Jambi sukseskan Sensus Penduduk 2020. 

Fachrori Ajak Semua Unsur Pemerintahan dan Masyarakat Jambi, Sukseskan Sensus Penduduk 2020

TRIBUNJAMBI.COM - Indonesia akan segera memulai hajatan besar Sensus Penduduk (SP) 2020. Partisipasi masyarakat untuk mengisi data secara mandiri pada SP Online mulai 15 Februari 2020, menjadi kunci keberhasilan SP2020 tahap pertama. Tahap selanjutnya, pada Juli 2020 akan dilakukan SP Wawancara dengan mengunjungi penduduk yang belum berpartisipasi pada SP Online.

Fachrori Canangkan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Jambi

Dukungan dari pemerintah daerah menjadi bagian yang sangat penting bagi kesuksesan SP2020 di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali Provinsi Jambi. Upaya ini diwujudkan melalui Rapat Koordinasi Pencanangan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Jambi pada Selasa (12/2) pagi, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi. Dalam sambutannya Fachrori menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa SP2020 sangat penting, mengingat data kependudukan yang dihasilkan merupakan dasar bagi perencanaan pembangunan di berbagai bidang yang tepat sasaran untuk Indonesia Maju.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam menyukseskan SP2020 di Provinsi Jambi. Saya juga bangga dengan inovasi SP2020 yang memanfaatkan data Adminduk sebagai data dasar pelaksanaan SP2020. Ini akan menjadi langkah awal Satu Data Kependudukan. Selain itu ada SP Online, agar masyarakat dapat berpartisipasi secara mandiri dengan mudah. Ini juga merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk mulai sadar atas pentingnya data administrasi, yang sejalan dengan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi,” papar Fachrori kepada seluruh peserta yang terdiri dari perwakilan Bupati/Walikota, Forkopimda, Sekda, OPD, BUMD/BUMN, Dinas Vertikal, PTN, Tokoh Masyarakat, dan Kepala BPS Kab/Kota.

Fachrori menyampaikan bahwa SP2020 sangat penting.
Fachrori menyampaikan bahwa SP2020 sangat penting. (dok.humas)

 

ASN Pemprov Jambi Wajib Ikut SP Online

Dengan memahami betapa strategisnya manfaat data kependudukan hasil dari SP2020, sudah menjadi keharusan bagi kita semua untuk mendukungnya. Karena kunci utama kesuksesan SP2020 adalah partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Fachrori mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi di dalam SP2020, baik pada Sensus Penduduk Online (15 Februari - 31 Maret 2020) maupun Sensus Penduduk Wawancara (1-31 Juli 2020). Instruksi juga disampaikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jambi termasuk jajaran Pemerintahan Kabupaten/Kota beserta seluruh pihak, untuk memberikan dukungan penuh dalam mensukseskan kegiatan SP2020. Bahkan khusus untuk ASN Pemerintah Provinsi Jambi, sesuai dengan arahan/himbauan Gubernur, wajib ikut serta dan mencatatkan datanya dalam SP Online.

SP Online Segera Dimulai

SP Online akan dimulai pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Sebelum dimulai, masyarakat dapat melakukan pengecekan keberadaan data NIK dan KK mereka apakah ada dalam data dasar sistem atau tidak. Hingga 14 Febrruai 2020, masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui situs “sensus.bps.go.id/cek”. Masyarakat yang tidak dapat berpartisipasi pada SP Online karena satu lain hal, akan dikunjungi petugas sensus pada SP Wawancara tanggal 1-31 Juli 2020.

Informasi yang dikumpulkan dalam SP2020 baik Online maupun Wawancara mencakup informasi terkait perumahan dan informasi individu (jenis kelamin, alamat, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, agama/kepercayaan, status perkawinan, pendidikan, dan pekerjaan). Pada SP Online, setiap orang dalam satu KK dapat mengisikan data anggota keluarga yang lainnya dengan sebelumnya memasukkan nomor NIK dan KK pada situs “sensus.bps.go.id”. Pada saat mengisikan data pada SP Online bisa saja dibutuhkan dokumen pernikahan sesuai dengan status perkawinannya. Oleh karena itu alangkah baiknya dokumen ini juga disiapkan, selain KK dan KTP.

Gubernur Jambi Fachrori Umar membuka Rapat Koordinasi Pencanangan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu(12/2/20).
Gubernur Jambi Fachrori Umar membuka Rapat Koordinasi Pencanangan Sensus Penduduk 2020 Provinsi Jambi di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu(12/2/20). (dok.humas)

Kerahasiaan Data Dijamin Undang-Undang

Undang-Undang No 16 Tahun 1997 Tentang Statistik menyebutkan bahwa BPS adalah penyelenggara statistik di Indonesia. Kita ketahui bahwa yang dimaksud statistik adalah data agregat bukan data individu. Sensus merupakan salah satu cara pengumpulan data dalam rangka penyelenggaraan statistik di Indonesia. Jadi, setiap data individu yang dikumpulkan dari seluruh penduduk saat Sensus Penduduk akan dijamin kerahasiaannya. Data yang dikumpulkan oleh petugas sensus ataupun yang tersimpan dalam server saat SP Online akan dilakukan pengolahan sebelum hasilnya disampaikan ke publik berupa data agregat. SP2020 akan menghasilkan data jumlah, komposisi, dan karakteristik penduduk. Jadi masyarakat tidak perlu ragu dan kawatir untuk mencatatkan diri secara mandiri atau memberikan data kepada petugas sensus dalam SP2020.(adv)

Editor: Teguh Suprayitno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved