243 WNI Masih Tertahan di China, Jokowi Instruksikan Evakuasi, Menlu Retno Ungkap Dua Skenario

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menginstruksikan jajarannya untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI)

243 WNI Masih Tertahan di China, Jokowi Instruksikan Evakuasi, Menlu Retno Ungkap Dua Skenario
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DIHAN AJI NUGROHO
Sejumlah wisatawan asal Malaysia tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center, Batam, Selasa (28/1). Meningkatnya warga negara china yang terdeteksi virus corona di Singapura membuat pengawasan terhadap lalulintas warga negara asing maupun WNI diperketat untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia. (TRIBUN BATAM/Argianto Dihan Aji Nugroho). 243 WNI Masih Tertahan di China, Jokowi Instruksikan Evakuasi, Menlu Retno Ungkap Dua Skenario 

243 WNI Masih Tertahan di China, Jokowi Instruksikan Evakuasi, Menlu Retno Ungkap Dua Skenario

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menginstruksikan jajarannya untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, China.

Instruksi itu disampaikan Jokowi setelah ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dan Kepala BNPB Doni Monardo, di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/1/2020).

"Tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI di Provinsi Hubei dilakukan segera," ucap Retno Marsudi seperti dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (30/1/2020).

Sebelum bertemu Jokowi di Halim, para menteri itu menggelar rapat di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara sejak pukul 13.00 hingga 14.30 WIB.

Virus Corona Makan Korban Makin Banyak, Jumlah Kematian Melonjak 214 Orang

Diduga Bunuh Anak Sendiri yang Berusia 5 Tahun, Mursadin Diburu Polisi

Download Lagu MP3 Nella Kharisma Terbaru 2020 Nonstop! Ada Video Dangdut Koplo Full Album Terpopuler

Seusai rapat, mereka langsung menuju Halim Perdanakusuma untuk melapor kepada Jokowi.

Dari keterangan KBRI Beijing, saat ini terdapat 243 WNI di 7 lokasi termasuk Kota Wuhan di Provinsi Hubei.

KBRI masih terus berkomunikasi dengan mereka. Pihak KBRI juga menyebut secara umum kondisi para WNI itu dalam kondisi baik dan kebutuhan sehari-hari masih terpenuhi.

Hubei adalah salah satu provinsi di China.

Sebanyak 18 kota di provinsi itu diisolasi karena wabah virus corona yang hingga kemarin sudah merenggut 170 orang nyawa di China, dan lebih dari 7.500 lainnya terjangkit.

Halaman
1234
Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved