Pilkada Serentak 2020

Awasi Rekrutmen PPK Di Daerah, Bawaslu Provinsi Jambi Turun ke Kabupaten/Kota

Awasi Rekrutmen PPK Di Daerah, Bawaslu Provinsi Jambi Turun ke Kabupaten/Kota

IST
Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Fachrurozi saat melakukan pengawasan di KPU Sarolangun 

Awasi Rekrutmen PPK Di Daerah, Bawaslu Provinsi Jambi Turun ke Kabupaten/Kota

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi, turun langsung melakukan supervisi dan pengawasan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di daerah se provinsi Jambi. 

Agenda pengawasan tersebut disampaikan langsung Fachrul Rozi, Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi

"Sejak Sabtu (25/1/2020), semua Pimpinan Bawaslu Provinsi sedang berada di kabupaten kota, untuk melakukan pengawasan perekrutan sekaligus memonitoring proses perekrutan PPK, sebagai mana sudah diamanahkan oleh Undang-undang Pilkada," ujarnya Sabtu (25/1/2020).

Pendaftaran PPK Merangin Ditutup, Ratusan Peserta Siap Bersaing, Tahapan Selanjutnya 30 Januari

Jumlah Pendaftar PPK di Bungo Melonjak, KPU Minta Masyarakat Bantu Memantau Proses Rekrutmen

Kegiatan tersebut sebagaimana intruksi Bawaslu RI melalui surat edarannya Nomor: SS-0031/ K.BAWASLU/ PM. 00. 00/1/2020 tentang panduan pengisian form model A dan  pengawasan pembentukan PPK, PPS dan KPPS dalam pilkada 2020, dan Surat Edaran  Nomor: 42/PP.04.2-SD/01/KPU/1/2020 tentang arahan lanjutan Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan 2020. 

Serta berdasarkan Jadwal Pengawasan Pembentukan PPK Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020, Bawaslu akan melakukan Pengawasan  pembentukan PPK Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020. 

4 Kecamatan di Kota Jambi Masih Kurang Peminat Daftar Sebagai PPK

Masa Jabatan Jhoni Najwab Berakhir Jadwal Pelantikan Rektor Unja yang Baru Belum Ada Dari Kementrian

"Bawaslu Provinsi melakukan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Kota, untuk memastikan proses perekrutan PPK ini berjalan sesuai dengan mekanisme yang sudah diatur dalam perundang-undangan," tambahnya.

Dalam tahapan perekrutan PPK ini, apabila tanpa perpanjangan dilaksanakan pada tanggal 24-26 Januari 2020. Sedangkan dengan masa perpanjangan dilaksanakan pada 25-27 Januari 2020. 

Lalu, pengawasan tes tertulis pada tanggal 30 Januari 2020  tanpa masa perpanjangan. Namun dengan adanya masa perpanjangan dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2020.

"Setelah itu, baru memasuki pengawasan tes wawancara pada tanggal 8-10 Februari 2020 tanpa masa perpanjangan sedangkan dengan adanya masa perpanjangan dilaksanakan pada 9-11 Februari 2020. Semua tahapan akan terus dilakukan pengawasan secara melekat oleh jajaran pengawas Pemilu," jelas Kordiv Pengawasan dan Sosialisasi ini.

Untuk itu, ia mengingatkan agar proses perekrutan PPK dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Berharap tahapan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga proses perekrutan PPK bisa menghasilkan penyelenggara Pemilu dan Pemilihan yang berintegritas, untuk mewujudkan demokrasi yang Berkualitas," harapnya.

Awasi Rekrutmen PPK Di Daerah, Bawaslu Provinsi Jambi Turun ke Kabupaten/Kota (Tribunjambi.com/Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved