Bukan Hanya Ekspor, Nilai Impor Jambi Juga Turun, Ini Catatan BPS Jambi

Tidak hanya nilai ekspor saja, Dadang Hardiwan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mengatakan, nilai impor Provinsi Jambi juga turun.

Bukan Hanya Ekspor, Nilai Impor Jambi Juga Turun, Ini Catatan BPS Jambi
Tribunjambi/Fitri Amalia
Kantor cabang pelabuhan Jambi. 

Bukan Hanya Ekspor, Nilai Impor Jambi Juga Turun, Ini Catatan BPS Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tidak hanya nilai ekspor saja, Dadang Hardiwan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mengatakan, nilai impor Provinsi Jambi juga mengalami penurunan. Nilai impor bulan November 2019 sebesar US$ 4,84 juta, turun dibanding bulan sebelumnya.

"Penurunan impor ini dipicu oleh turunnya nilai impor pada hampir seluruh kelompok komoditi, kecuali kelompok komoditi bahan kimia dan sejenisnya," ujarnya.

Impor Provinsi Jambi melalui tiga pelabuhan laut utama di Jambi yaitu Pelabuhan Talang Duku Jambi, Muara Sabak dan Kuala Tungkal serta pelabuhan udara Bandara Sultan Thaha.

Bila dilihat perannya sampai dengan bulan November 2019, impor kelompok hasil industri dan lainnya memberikan kontribusinya 49,51 persen dari total impor, diikuti peran kelompok mesin dan alat angkutan yaitu sebesar 23,29 persen dan impor kelompok bahan kimia dan sejenisnya yang memberi kontribusi sebesar 18,99 persen.

Ekspor Jambi Menurun 2,39 Persen, BPS Sebut Penyebabnya

6 Kepala Lapas di Jambi Diganti, Ini Pejabat yang Dipilih Kakanwil Kemenkumham

Bupati Bungo Rotasi Lagi, 173 Pejabat Eselon II, III, dan IV Pemkab Bungo Dilantik

Untuk kelompok komoditi makanan dan sejenisnya berperan sebesar 7,90 persen dan kelompok komoditi karet dan sejenisnya hanya berperan 0,31 persen.

"Transaksi impor terbesar sampai dengan bulan November 2019 dari negara Kanada yang mencapai 36,18 persen disusul dari Cina yaitu sebesar 18,76 persen," tutupnya.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved