Bawang Merah dan Telur Jadi Penyebab Kota Jambi dan Bungo Alami Inflasi

ada Desember 2019 dari 23 Kota IHK di Sumatera, sebanyak 17 kota mengalami inflasi. Kota Jambi dan Kota Muara Bungo termasuk kota yang mengalami Infla

Tribunjambi/Fitri Amalia
Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi. 

Bawang Merah dan Telur Jadi Penyebab Kota Jambi dan Bungo Alami Inflasi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada Desember 2019 dari 23 Kota IHK di Sumatera, sebanyak 17 kota mengalami inflasi. Kota Jambi dan Kota Muara Bungo termasuk kota yang mengalami Inflasi.

Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mengatakan inflasi tertinggi terjadi di Kota Batam sebesar 1,28 persen dan terendah di Kota Padang dan Dumai masing-masing sebesar 0,07 persen. Kota Jambi dan Kota Muara Bungo berada pada urutan ke-11 dan ke-15 se-Sumatera.

"Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,38 persen dan laju inflasi tahun kalender Desember 2019 Kota Jambi yaitu sebesar 1,27 persen dan Kota Muara Bungo sebesar 2,61 persen," ujarnya, Kamis (2/1).

Dadang melanjutkan, inflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada lima kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 1,13 persen; kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,28 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,01 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,10 persen; dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,58 persen.

Harga Cabai Merah Rp 180 Ribu Sekilo, Pemilik Rumah Makan di Jambi Menjerit

Lagi Gembala Sapi, Nenek-nenek di Bungo Ditabrak Sepeda Motor, Akhirnya Meninggal

Kecelakaan Lalu Lintas di Merangin Meningkat, 44 Orang Meninggal Sepanjang 2019

"Andil terbesar dalam pembentukan inflasi Kota Jambi sebesar 0,38 persen, dari
kelompok bahan makanan sebesar 0,2564 persen," ucapnya.

Setelah kelompok bahan makanan, andil terbesar berikutnya penyebab inflasi dari kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,1039 persen; kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,0494 persen; dan kelompok kesehatan sebesar 0,0047 persen; serta kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,0012 persen.

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Jambi bulan
Desember 2019 antara lain adalah bawang merah, angkutan udara, telur ayam ras, nila, gabus, udang basah, tomat buah, tekwan/model, tomat sayur, dan kerang.

Sama halnya dengan Kota Jambi, Kota Muara Bungo dibulan Desember 2019 juga mengalami inflasi sebesar 0,21 persen.

Inflasi di Kota Muara Bungo terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada tiga kelompok pengeluaran yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,73 persen; kelompok kesehatan sebesar 0,53 persen; dan kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,55 persen.

"Sementara itu, komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi Kota Muara Bungo adalah angkutan udara, bawang merah, telur ayam ras, kue kering berminyak, rokok kretek filter, daging ayam ras, nasi dengan lauk, minyak goreng, jeruk, dan sawi hijau," pungkasnya.

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved