Pesona Lesung di Festival Kampung Senaung 2019, Hiburan Tahunan Warga di Muarojambi

Sejak pukul 19.30 WIB, lapangan bola Desa Senaung yang berlokasi tepat ditepi jalan lintas itu terus ramai.

Pesona Lesung di Festival Kampung Senaung 2019, Hiburan Tahunan Warga di Muarojambi
Tribunjambi/Dedy Nurdin
Festival Senaung 2019. 

Pesona Lesung di Festival Kampung Senaung 2019, Hiburan Tahunan Warga di Muarojambi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Malam Pesona Lesung Senaung 2019 menjadi momen hiburan rakyat yang ditunggu. Sejak pukul 19.30 WIB, lapangan bola Desa Senaung yang berlokasi tepat ditepi jalan lintas itu terus ramai.

Warga terus berdatangan memadati areal sisi kiri dan kanan panggung, gerobak jajanan dan mainan anak dadakan pun ramai dihampiri orang tua untuk sekedar memanjakan si buah hati.

Stand pameran foto yang terpajang di dinding juga silih berganti jadi tontonan warga. Menjelang pembukaan kegiatan, sebagian warga sudah duduk teratur di atas rerumputan.

Suasanan Pesona Lesung Senaung pun kian riuh dengan tepuk tangan saat sejumlah tari kreasi Lesung dimainkan para remaja putri Desa Senaung pada Jumat (20/12/2019) malam kemarin.

WIKIJAMBI Pesona Lesung Senaung, Hadirkan Suara Kerinduan di Muarojambi

Ruang Rawat Bripda Saud di RSUD STS Tebo Dijaga Ketat, Banyak Polisi Berbaju Sipil

Evakuasi Korban PETI di Merangin Dihentikan Sementara, 5 Penambang Asal Pati Masih Tertimbun Lonsor

Air Sungai Batanghari di Tebo Bisa Kembali Meluap, Air Limpahan dari Sumbar Perlu Diwaspadai

Tarian tugal, menjadi hiburan memukau kegiatan sesaat setelah Bupati Muaro Jambi membuka langsung kegiatan itu. Tak lama diikuti tarian lesung senaung yang melibatkan 34 orang penari putri Desa Senaung.

Tarian yang dibawakan para remaja ini menggunakan tengkuluk atau penutup kepala khas melayu Jambi yang biasa digunakan ke sawah (umo) dibarengi dengan kain batik.

Para penari berkoreografi di hadapan para penonton dengan membawa antan, alat penumbuk beras dan Lesung serta bulir padi yang masih menempel di tangkainya.

Selain tarian bertema Lesung, sejumlah hiburan lainnya tak kalah wahnya mendapat tepuk tangan. Seperti rebana siam, marawis dan pemutaran film berjudul tesambit karya pemuda desa Senaung.

Dedi Supriansyah, Ketua Komunitas Serompak Maro kepada Tribunjambi.com bercerita, pesona lesung senaung yang digelar malam itu merupakan kali ketiga diadakan secara berturut-turut sejak tahun 2017 lalu.

Halaman
123
Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved